Sepak Terjang Mulan Jameela dari Kafe ke Parlemen

Mulan Jameela
Sumber :
  • Viva.co.id/Shalli Syartika

VIVA – Mulan Jameela bersama dengan delapan calon legislatif (caleg) Gerindra akhirnya memenangkan gugatan perdata terhadap Partai Gerindra. Dengan dikabulkannya gugatan itu, Partai Gerindra sebagai tergugat berhak menetapkan sembilan calegnya sebagai anggota DPR.

Petinggi Gerindra Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi Prabowo dengan Megawati

Hal itu berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Meski begitu, seperti dikutip dari VIVAnews, hakim Zulkifli di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memberikan kesempatan kepada Gerindra untuk mengajukan kasasi atas putusan tersebut.

Sebelumnya, istri Ahmad Dhani itu bersama caleg lainnya menggugat DPP Partai Gerindra dan Dewan Pembina Gerinda. Mereka minta ditetapkan sebagai anggota legislatif terpilih.

Bawaslu Bersiap Hadapi Sengketa Pileg, Ada 270 Gugatan

Soal sepak terjang Mulan jadi anggota legislatif ini cukup berliku. Dia tak punya latar belakang sebagai politisi. Pemilik nama asli Raden Terry Tantri Wulansari ini awalnya adalah seorang penyanyi kafe hingga pada 2005, wanita kelahiran Garut 40 tahun lalu itu digaet Maia Estianty untuk membentuk duo Ratu.

Kariernya mulai moncer saat menggunakan nama panggung Mulan Kwok. Single pertama Ratu berjudul Teman Tapi Mesra pun sukses besar hingga membawa mereka menjadi grup wanita paling populer saat itu. Setelahnya, beberapa lagu Ratu mampu meneguk sukses yang sama.

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini

Tapi pada akhir Januari 2007 kabar mengejutkan datang dari Mulan. Dia memutuskan pecah kongsi dengan duo Ratu. Empat bulan kemudian, Mulan bergabung dengan Republik Cinta Management milik Ahmad Dhani. Nama Mulan Kwok pun berubah menjadi Mulan Jameela.

Saat Maia bercerai dengan Dhani pada 2008, Mulan mulai dituding sebagai penyebabnya. Namun soal itu, mereka bungkam. Hingga akhirnya Mulan dan Dhani mengakui bahwa mereka sudah menikah. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai dua anak.

Lama vakum dari dunia hiburan, Mulan ternyata mengikuti suaminya terjun ke dunia politik. Wanita yang akhirnya memutuskan berhijab ini mendaftarkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Gerindra untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 11 Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dia yang kerap mengunggah kegiatan politik dalam akunnya di Instagram berada di nomor urut lima dalam daftar caleg daerah pemilihannya. Dalam pemilihan legislatif (Pileg) lalu, dia sempat digadang-gadang lolos ke Senayan. Namun dengan suara yang diraihnya, Ketua DPC Partai Gerindra Garut Enan sebelumnya sempat bilang bahwa dari hitungan internal partainya belum bisa memastikan mantan penyanyi dan aktris itu bisa melenggang ke Senayan atau sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya