Logo BBC

Presiden Jokowi Janji Bangun Istana di Papua Tahun Depan

Presiden Joko Widodo menerima 61 tokoh Papua dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/09) - Detik.com/Andhika Prasetia
Presiden Joko Widodo menerima 61 tokoh Papua dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/09) - Detik.com/Andhika Prasetia
Sumber :
  • bbc

Presiden Joko Widodo menyanggupi permintaan para tokoh Papua dan Papua Barat untuk membangun istana presiden di Papua.

Kesanggupan itu diutarakannya dalam pertemuan dengan puluhan individu dari beragam elemen yang mencakup tokoh adat, gereja, organisasi, akademisi, mahasiswa, perempuan, dan pemuda di Istana Negara, Jakarta, Selasa 10 September 2019.

"Mulai tahun depan istananya akan dibangun," cetus Jokowi yang disambut tepuk tangan hadirin, sebagaimana dilaporkan wartawan BBC News Indonesia, Pijar Anugerah.

Permintaan untuk membangun istana presiden di Jayapura merupakan satu dari 10 aspirasi yang disampaikan perwakilan tokoh Papua dalam pertemuan bersama Presiden Jokowi.

Reaksi pertama presiden dalam menanggapi permintaan itu adalah mengutarakan bahwa pendirian bangunan di Papua "yang sulit kan tanahnya".

Tapi kemudian dia bertanya kepada perwakilan tokoh Papua: "10 hektare gratis? 10 hektare benar?"

Setelah berbisik-bisik dengan Mensesneg Pratikno dan Menkopolhukam Wiranto di sebelahnya, presiden kemudian mengabulkan permintaan itu.