Akun Jokowi Dibanjiri 'Teriakan' Darurat Asap

Kabut asap di Pekanbaru, Riau
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Wilayah di Kalimantan dan Sumatera diselimuti kabut asap tebal sejak beberapa waktu lalu karena meluasnya kebakaran lahan dan hutan yang didominasi di wilayah Riau. Akibat kondisi itu, warganet menyampaikannya kepada Presiden Joko Widodo melalui media sosial.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Pada kolom komentar di foto terakhir yang diunggah Jokowi dalam akunnya di Instagram, banyak warganet meminta tolong kepada Kepala Negara untuk segera melakukan tindakan agar kabut asap di wilayah mereka bisa diatasi segera. Kabut asap di beberapa wilayah tersebut bahkan sudah berada pada level berbahaya hingga membuat mata pedih, sesak napas, iritasi kulit hingga mual dan muntah.

Baca juga: Kapolda Jateng: Bukan Gudang Amunisi Mako Brimob Srondol yang Meledak

Government Approves 14 New National Strategic Projects

Tak cuma itu, tebalnya kabut asap mengganggu aktivitas di luar ruangan, termasuk mengganggu penerbangan. Bahkan, hewan ternak seperti ayam banyak yang mati lantaran menghirup udara buruk. Beberapa wilayah yang terdampak pun sudah meliburkan peserta didiknya. Misalnya, di Kalimantan Tengah, gubernurnya telah mengeluarkan instruksi untuk meliburkan sekolah dari jenjang TK hingga SMP, mengingat kondisi asap yang dalam dalam kondisi sangat berbahaya bagi kesehatan peserta didik di wilayah tersebut.

"Kalimantan sedang darurat asap," tulis salah satu warganet.

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

"Pak Jokowi-Maruf & Pak Gubernur Riau tolong, masyarakat di Riau sudah sesak napas karena bencana asap. Kepemimpinan yang kuat dan efektif sangat dibutuhkan. Please save our children," tulis warganet lain.

"Asap di Riau dan Kalimantan sudah mencapai level bahaya, mohon bantuannya Pak Jokowi dan mohon bantuan juga dari semua kalangan," tulis lainnya.

Bahkan, beberapa warganet minta Jokowi menghubungi Gubernur Riau, Syamsuar yang saat ini berada di Thailand. “Pak, tolong telepon Gubernur Riau, kampungnya darurat asap ditinggal ke Thailand,” tulis warganet.

Sementara itu, tanda pagar #IndonesiaDaruratAsap menjadi trending topic di jagat Twitter, setelah sebelumnya #SaveRiauDariKebakaranHutan.

"Tolong semua yang lihat tweet ini doakan kami semua yang ada di Kalimantan, Riau dan kota lainnya yang kena kabut asap semoga sehat selalu karena ini buat napas aja udah sesak banget. Mohon doanya semua #IndonesiaDaruratAsap," tulis salah satu pengguna Twitter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya