Demi Mujahid 212, Peserta Aksi Tuntun Kuda dari Bogor ke Jakarta
Sabtu, 28 September 2019 | 14:25 WIB

Demi Mujahid 212, Peserta Aksi Tuntun Kuda dari Bogor ke Jakarta

Mereka berangkat Jumat pukul 11.00 , sampai Sabtu pagi di Jakarta.
Peserta Aksi Mujahid 212 membawa kuda
Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Peserta Aksi Mujahid 212 membawa kuda

VIVA – Massa dari gabungan organisasi masyarakat (ormas) Islam dalam Aksi Mujahid 212 Selamatkan NKRI membubarkan diri meninggalkan Patung Kuda atau Patung Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu, 28 September 2019 sekitar pukul 11. 30 WIB. Massa menuju Masjid Istiqlal untuk melakukan salat berjamaah.

Saat mengikuti Parade Tauhid di kawasan Patung Kuda, ada pemandangan yang mencuri perhatian. Selain kerumunan manusia, tampak dua ekor kuda berwarna hitam dan putih. Ternyata kuda tersebut memang sengaja dibawa oleh tiga pemuda dari Bogor menuju Jakarta untuk meramaikan aksi tersebut.

Salah satu pemuda yang membawa kuda tersebut bernama Rafi Assidik. Pria berusia 16 tahun ini bilang bahwa dua ekor kuda dibawa dari Bogor dengan cara dituntun, bukan ditunggangi. Karena itu, mereka kerap berhenti untuk istirahat.

Waktu yang dibutuhkan menempuh perjalanan dari Bogor ke Jakarta dengan cara berjalan sambil menuntun kuda hampir satu hari. Mereka berangkat pada Jumat, 27 September 2019 sekitar pukul 11.00 WIB dan baru tiba Sabtu pagi di Jakarta.