Logo timesindonesia

Angka Stunting di Pamekasan Tertinggi Nomor Dua Se Jawa Timur

Suasana kampanye sehat cegah stunting di lapangan Negara Bhakti pendapa Agung Ronggosukowati Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi"i/TIMES Indonesia)
Suasana kampanye sehat cegah stunting di lapangan Negara Bhakti pendapa Agung Ronggosukowati Pamekasan. (Foto: Akhmad Syafi"i/TIMES Indonesia)
Sumber :
  • timesindonesia

 

Pemerintah Kabupaten Pamekasan  menyebutkan angka stunting di Pamekasan tertinggi nomor dua di Jawa timur. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama dalam 1000 hari pertama.

Untuk mengatasi tersebut, pemerintah Pamekasan gelar acara kampanye Sehat Cegah Stunting yang digelar di lapangan Negara Bhakti Pendapa Agung ronggosukowati Pamekasan.

Wakil Bupati Pamekasan Raja'e mengatakan, di Pamekasan saat ini ada sekitar 27,67 persen penderita stunting. 

"Pamekasan angkanya luar biasa di Jawa timur, bahwa angka tersebut tertinggi kedua di Jawa timur. Maka dari itu kampanye sehat digelar tidak hanya bersifat seremonial tapi juga nanti ini akan betul-betul dijadikan kampanye sebagai gerakan agar angka Stanting di Pamekasan semakin menurun," ungkapnya.

Raja'e juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dinas kesehatan yang berhasil menurunkan angka stunting di Kabupaten Pamekasan yang pada tahun 2013 sudah hampir 44% tetapi pada tahun 2018 lalu sudah ada di angka 26, 67%.

"Juga dengan diperolehnya juara puskesmas terbaik ke 2 di JawaTimur oleh Puskesmas Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan," ucapnya.