Begini Akibatnya Jika Jokowi Tak Segera Terbitkan Perppu KPK

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Delapan efek buruk akan menimpa Presiden Joko Widodo apabila tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (Perppu KPK).

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Menurut peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, Presiden bakal dicap ingkar janji lantaran melambatnya penindakan kasus korupsi.

Selain itu, indeks persepsi korupsi Indonesia akan stagnan, bisa jadi turun. Kurnia juga mengingatkan kembali janji Jokowi kepada rakyat untuk menguatkan KPK pada kontestasi Pilpres 2019, serta Presiden pernah meraih Bung Hatta Anti Corruption Award (BHACA) pada 2010.

Mangkir dari Pemeriksaan, KPK Bakal Panggil Lagi Gus Muhdlor Pekan Depan

"Jangan lupa, Presiden Jokowi 2010 mendapatkan Bung Hatta Anti Corruption Award. Cabut saja kalau tidak dibuktikan itu. Jika tidak, presiden telah mengkhianati amanah rakyat ketika pilpres 2019 (Jokowi telah berjanji menguatkan KPK)," kata Kurnia, dikutip dari VIVAnews.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jaringan dan Advokasi Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), Fajri Nursyamsi menuturkan, poin syarat penerbitan Perppu sudah terpenuhi, UU KPK yang baru jika dibiarkan maka dengan sendirinya presiden akan membiarkan kejahatan korupsi semakin masif terjadi di Indonesia.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

"Pada kesempatan ini, presiden juga harus juga harus membuktikan janji yang sempat diucapkan dan dituangkan dalam nawacita dan saat berkampanye beberapa waktu lalu. Jokowi kala itu berjanji jika kelak terpilih menjadi presiden akan memperkuat KPK," tuturnya.

Berikut efek apabila Jokowi tidak terbitkan perppu terhadap UU KPK yang disampaikan ICW:

1. Terkait penindakan kasus korupsi lambat.

2. Pimpinan KPK tidak lagi menjadi institusi utama dari pemberantasan tindak pidana korupsi.

3. Citra pemerintahan yang buruk.

4. Presiden akan ingkar janji soal nawacitanya.

5. Indeks persepsi korupsi Indonesia akan stagnan atau mungkin turun (efeknya citra pemerintah di mata internasional menurun).

6. Berkhianat dengan amanat reformasi.

7. Telah mengkhianati amanah rakyat ketika Pilpres 2019 (Jokowi telah berjanji menguatkan KPK).

8. Jangan lupa, presiden Jokowi 2010 mendapatkan Bung Hatta Anti Corruption Award.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya