Jokowi-Ma'ruf Amin Dilantik, Mahasiswa Diminta Tidak Unjuk Rasa

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (tengah) bersama calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin (kedua kiri) menyaksikan hasil hitung cepat Pemilu Presiden 2019 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia diminta untuk tidak turun ke jalan melakukan unjuk rasa ketika pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir. "Saya imbau kepada seluruh mahasiswa untuk tidak usah demo. Kembalilah ke kampus," kata dia, seperti dikutip dari VIVAnews.

Nasir juga meminta kepada para rektor perguruan tinggi negeri dan swasta untuk mengajak mahasiswanya agar tidak turun ke jalan berunjuk rasa, dan lebih memilih untuk diajak berdiskusi mengenai isu yang berkembang selama ini.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Khusus yang menyangkut undang-undang, RUU, dan apa yang terjadi di publik ini. Jadi secara ilmiah lalu diberikan rekomendasi.

"Kalau urusan undang-undang kita pakai jalur konstitusi, ya, melalui Mahkamah Konstitusi. Judicial review kalau urusannya adalah pada RUU kita ke DPR memberikan masukan, bukan menekan," paparnya.

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Ia pun mengklaim, bahwa nantinya mahasiswa tidak ada lagi yang turun ke jalan melakukan unjuk rasa pada saat pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

"Saya sudah antisipasi, mereka rata-rata tidak mau tertarik lagi. Khawatir dia ditunggangi kelompok-kelompok tertentu, sekarang mereka sadar. Kalau mereka akan demo ditunggangin orang lain yangg dia kepentingannya akhirnya terganggu," ungkap dia.

Maka dari itu, Nasir pun optimistis bahwa pada saat pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin ini tidak ada mahasiswa dari berbagai daerah turun ke jalan melakukan unjuk rasa.

"Insya Allah tidak ada, ya kalau orang protes itu hal biasa tapi dengan cara yang santun. Yang penting jangan sampai membuat kegaduhan," tutur Nasir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya