Terima Kasih Ndan! 3 Pesawat TNI Sukses Bikin Hujan Buatan di Sumatera

Pesawat TNI siap menjalankan misi hujan buatan
Sumber :
  • Instagram/@puspentni

VIVA – Tiga pesawat TNI berhasil melaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Sumatera dan Riau dengan menyemai garam untuk membuat hujan buatan.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Ketiga pesawat TNI melaksanakan TMC di tempat yang berbeda di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Riau, Rabu 16 Oktober 2019.

Tiga pesawat TNI tersebut yaitu  Hercules C-130 A 3126 Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma dan CN 295 A- 2901 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma serta satu pesawat Cassa A-2105 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdurahman Saleh Malang.

BMKG Sebut Hujan Turun di Jabodetabek Kemarin Hasil Modifikasi Cuaca

Pesawat CN 295 A- 2901 menyemai awan di wilayah sekitar Jambi dan Oki dengan membawa garam sebanyak 2400 kg. Sedangkan pesawat Cassa A-2105 menyemai awan dua sorti di wilayah sisi selatan Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir hingga perbatasan Jambi dengan membawa kapur (CaO) dan garam (NaCl).

Sedangkan pesawat Hercules C-130 yang take off dari Lanud Halim Perdanakusuma menebarkan garam di wilayah Palembang dan sekitarnya.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Sementara itu, berdasarkan data dari BNPB, titik panas penyebab asap masih terdeteksi di Provinsi Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Hingga Rabu kemarin, 158 titik panas teridentifikasi di ketiga provinsi tersebut.

Saat ini, di wilayah Sumatera Selatan dan Provinsi Riau turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang yang terjadi di daerah Kabupaten Pelalawan, Siak dan Kuansing.

Dengan Teknologi Modifikasi Cuaca yang dilaksanakan TNI bekerja sama dengan beberapa instansi seperti BNPB ini, semoga dapat menghasilkan curah hujan, sehingga dapat memadamkan beberapa titik api yang berada di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Riau.

Keberhasilan misi tersebut mendapat apresiasi dari warganet lho. Pengguna internet merasa berterima kasih kepada TNI atas misi hujan buatan. Ada yang komentar ‘terima kasih Ndan’, ada pula yang menyemangati TNI dengan komentarnya, ‘bravo TNI’.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya