Heboh Ritual Ki Sabdo, MUI: Jangan Jadikan Polemik Penguras Energi

Ki Sabdo .
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menanggapi video yang tengah viral diperbincangkan di media sosial terkait pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Video tersebut menggambarkan seorang pria mengaku bernama Ki Sabdo yang melakukan ritual di Gedung Nusantara V DPR RI.

Diprotes, Ini Isi Kesepakatan MUI dengan Tim Film Kiblat

Ki Sabdo mengaku tengah melakukan geladi bersih untuk mengamankan pelantikan yang digelar hari ini, Minggu 20 Oktober 2019. Tak hanya itu, ia mengaku tengah memanggil bangsa jin untuk membantu melakukan pengamanan tersebut.

Mengenai video yang viral itu, Wakil Ketua Umum MUI, Zainut tauhid Sa'adi mengatakan agar semua pihak tidak menjadikan hal tersebut sebagai polemik yang menguras energi. Sebab, hal tersebut belum menjadi agenda yang dibuat oleh Sekjen MPR.

Leo Pictures Bakal Ganti Judul dan Poster Film 'Kiblat' Sesuai Arahan MUI

"Boleh jadi hanya inisiatif orang per orang yang tidak ada kaitannya dengan rencana agenda kegiatan MPR. Pihak pimpinan MPR dan Kesekjenan juga sudah membantah dan mengklarifikasi hal tersebut. Jadi tidak perlu dibesar-besarkan," katanya dikutip dari VIVAnews, Minggu 20 Oktober 2019.

Ia menambahkan, MUI tidak merekomendasikan praktik ritual semacam itu. Sebab, hal tersebut menjurus pada perbuatan klenik, khurafat dan dekat dengan syirik yang dilarang oleh agama.

Prabowo Bakal Pajang Lukisan dari SBY di Istana Presiden yang Baru

Terlebih, Zainut mengatakan, untuk pengamanan kegiatan pelantikan presiden, pihak keamanan pasti sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP). Di mana hal tersebut tentunya sudah diatur oleh negara sebagai salah satu prosedur pelantikan.

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan dilantik hari ini, Minggu 20 Oktober 2019 di Gedung MPR/DPR, Jakarta. Persiapan pengamanan oleh pihak keamanan untuk pelantikan sudah mulai digelar sejak beberapa hari lalu untuk mencegah terjadinya hambatan.

Film Kiblat

Siap Ganti Judul, Leo Pictures Tegaskan Isi Film Kiblat Baik untuk Masyarakat: Ini Merupakan Syiar

Rumah produksi film Kiblat, Leo Pictures, mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) setelah terjadi kontroversi terkait judul dan poster film mereka di tengah masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024