Lahan Terbakar di Riau, 69 Hektare Ulah Korporasi - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 22 Oktober 2019 | 02:54 WIB

Lahan Terbakar di Riau, 69 Hektare Ulah Korporasi

"Perusahaan diduga sengaja atau lalai."
Luasan Lahan Terbakar di Riau
Photo :
  • ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Luasan Lahan Terbakar di Riau

VIVA –  Satuan Tugas Penegakkan Hukum Kepolisian Daerah Riau melakukan penanganan kasus kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan korporasi.

Tim mendalami keterlibatan perusahaan PT Tesso Indah yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di wilayah Rantau Bakung, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Sebanyak 15 orang saksi dihadirkan untuk dimintai keterangan, termasuk di antaranya saksi ahli dari Dinas Lingkungan Hidup Indragiri Hulu, saksi bidang perkebunan, dan pihak dari Dinas Pertanahan.

"Sementara ini ada belasan saksi termasuk saksi ahli yang kita mintai keterangan, sehingga penanganan kasus ini kita tingkatkan ke penyidikan," kata Direktur Kriminal Khusus Polda Riau Ajun Komisaris Besar Polisi Andri Sudarmadi dikonfirmasi VIVAnews, Senin, 21 Oktober 2019.

Berdasarkan hasil penyelidikan, ditemukan 69 hektare lahan yang terbakar dan diduga kuat ada unsur kelalaian dan kesengajaan dari pihak korporasi.

"Perusahaan diduga sengaja atau lalai karena tidak menyiapkan sarana dan prasarana, dana yang memadai, SOP, sumber daya manusia dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan," kata Andri.

Baca juga: Nadiem Makarim Pilih Menteri Tinggalkan Gojek, Pakar: Sangat Berisiko

Kebakaran hutan dan lahan terjadi sejak Agustus 2019. Tim telah melakukan berbagai upaya dalam proses penyelidikan termasuk pengambilan sampel di area kebakaran. Satgas Gakkum juga menangani kasus kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan PT SSS dan PT AP.

loading...
Muat Lainnya...