Sosok Jaksa Agung ST Burhanuddin, Adik Politisi PDIP

ST Burhanuddin diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Jaksa Agung.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – ST Burhanuddin resmi menjadi Jaksa Agung periode pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode lima tahun ke depan. Dia menggantikan HM Prasetyo.

Usai Temui Jaksa Agung, AHY Mau Kunjungi Prabowo dan Kapolri

Presiden Jokowi mengumumkan nama sejumlah menteri dalam Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri, salah satunya ST Burhanuddin menjadi Jaksa Agung di Veranda Depan Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu pagi, 23 Oktober 2019.

Nama ST Burhanuddin ini terdengar belum familiar dibanding dengan sejumlah nama yang mengisi kabinet baru Jokowi. Bahkan, Jokowi sendiri menyadari bahwa ST Burhanuddin tidak seterkenal para menteri dan pejabat setingkat menteri lainnya di Kabinet Indonesia Maju.

Jaksa Agung Keluarkan Instruksi untuk Deteksi Dini Gangguan Pemilu 2024

"ST Burhanuddin sebagai Jaksa Agung. Tidak ada yang tahu? Silakan tanya beliau," kata Jokowi seperti disiarkan tvOne.

Siapa ST Burhanuddin, diolah dari berbagai sumber, berikut ini profil tentangnya.

Jaksa Agung Perintahkan Jajarannya Tunda Proses Hukum Peserta Pemilu

Usia

ST Burhanuddin lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 17 Juli 1954. Dengan demikian, dia saat ini berusia 65 tahun.

Pendidikan

Dia kuliah di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dan lulus pada 1983. Kemudian melanjutkan program Magister Manajemen di Universitas Indonesia (UI). Setelah itu, dia meneruskan program doktornya di Satyagama Jakarta.

Karier

Dia memulai kariernya dengan mengikuti Pendidikan Pembentukan Jaksa pada tahun 1991. Setelah itu, bertugas di kejaksaan di sejumlah wilayah Indonesia, di antaranya menadi Kepala Kejaksaaan Negeri (Kejari) Bangko Jambi, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap hingga Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi NAD.

ST Burhanuddin juga sempat menjabat sebagai Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Jaksa Agung Pidana Khusus pada 2007. Kemudian dia berkarier di Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, lalu menjabat Inspektur V Jaksa Agung Muda Pengawasan di Kejaksaan Agung.

Setelah itu, dia menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi di Sulawesi pada 2010. Jabatan terakhirnya adalah Jaksa Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara sejak 2010 hingga 2014. Kemudian, pagi tadi, ST Burhanuddin resmi dilantik Jokowi menjadi Jaksa Agung untuk periode lima tahun ke depan.

Adik Politisi PDIP

ST Burhanuddin merupakan adik politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) TB Hasanuddin. Namun, ST Burhanuddin bukan kader partai berlambang kepala banteng tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya