3 Presiden Waktu Tidurnya Terbatas, Bukan Cuma Jokowi

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Twitter Joko Widodo

VIVA – Presiden Jokowi mengaku memanfaatkan waktu tidur rata-rata dua jam. Hal ini dilakukannya ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga sekarang. Meski begitu, Jokowi menyiasati waktu tidur tambahan ketika sedang dinas.

Rampung Juni 2024, Menteri ESDM: Divestasi Saham Freeport Sepaket dengan Perpanjangan Kontrak

"Ya, rata-rata dua jam. Tapi saya tak pernah kurang tidur. Di mobil ketika perjalanan Jakarta-Bogor, misalnya. Lalu, saat di pesawat atau helikopter. Saya manfaatkan untuk tidur sejenak. Lumayan 20-30 menit. Justru pada malam hari waktu tidur saya lebih sedikit," ungkap Jokowi.

Setiap orang membutuhkan waktu tidur berkualitas 6-8 jam sehari agar tubuh bisa berfungsi maksimal keesokan harinya. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya daya konsentrasi hingga memicu munculnya beragam penyakit.

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Namun sepertinya waktu tidur tersebut tidak berlaku bagi orang-orang tertentu, seperti kepala negara atau presiden. Menurut penelitian, populasi orang yang bisa tetap fokus bekerja meski hanya tidur sebentar, jumlahnya hanya 1-3 persen di dunia.

Lantas, selain Presiden Jokowi, bagaimana waktu tidur 3 Presiden yang lain? Berdasarkan data yang diolah VIVA, Jumat, 15 November 2019, berikut keterangannya.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Donald Trump

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku waktu tidurnya hanya sedikit. Menurutnya, tidur sebentar dan lebih banyak beraksi nyata merupakan salah satu kunci suksesnya sebagai pebisnis.

"Saya hanya punya waktu tidur tiga sampai empat jam. Ini cara saya untuk tetap beberapa langkah lebih maju dari yang lain," klaim dia.

BJ Habibie

BJ Habibie

Presiden Ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, hanya tidur empat jam semalam. Hal ini diungkapkan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Nadjamuddin Ramly.

"Pak Habibie sungguh-sungguh melaksanakan tugas kepresidenan dan sering bilang cuma punya waktu tidur empat jam semalam. Itu karena memikirkan dan melakukan pemulihan terhadap buruknya perekonomian Indonesia di awalnya menjabat,” kata Najamuddin.

Tokoh nasional yang mampu memberikan perubahan besar terhadap Indonesia tersebut telah meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada Rabu, 11 September 2019 di RSPAD Gatot Subroto di Jakarta. BJ Habibie kemudian dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan persis di sebelah istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Barack Obama

Barrack Obama.

Presiden AS kulit hitam pertama yang sudah dua periode menjabat ini selalu tidur pukul satu pagi dan bangun pukul tujuh pagi. Ia biasa makan malam bersama istri dan anak-anaknya pukul 18.30, dilanjut dengan bekerja di kantor pribadinya selam 4 hingga 5 jam.

Obama pun akhirnya dikenal sebagai 'makhluk malam' karena biasa tidur larut malam. Usai bangun tidur, dirinya harus melakukan aktivitas olahraga. Meski demikian, ia tidak selalu sempat waktu tidur selama enam jam karena padatnya jadwal.

Sekretaris Pers Gedung Putih, Josh Earnest, mengaku harus benar-benar mempertimbangkan secara matang apakah suatu kejadian tergolong krisis atau tidak. "Obama sanggup membaca draf atau mengerjakan dokumen hingga pukul 23.30. Lalu, membaca buku sekitar 1,5 jam," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya