Prabowo Subianto: Pemimpin Hebat Harus Punya Sifat Rubah dan Landak - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 19 November 2019 | 08:03 WIB

Prabowo Subianto: Pemimpin Hebat Harus Punya Sifat Rubah dan Landak

Menhan Prabowo Subianto sedang menghadiri pertemuan di Thailand.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Photo :
  • ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

VIVA – Ajudan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bernama Rizky Irmansyah mengunggah pesan di akun Instagram pribadinya, rizky_irmansyah, Selasa, 19 November 2019. Ia menuliskan pesan yang disampaikan oleh Prabowo Subianto soal karakter pemimpin.

Unggahan ini ditulis Rizky ketika mendampingi Prabowo menghadiri ASEAN Defence Ministers' Meeting (ADMM) Retreat di Bangkok, Thailand, Minggu, 17 November 2019.

Menurutnya, ada dua tipe pemimpin. Seorang pemimpin harus memiliki karakter seperti fox/rubah dan hedgehog/landak.

"Karakter Rubah itu lincah, berakal, mampu menyerang dan menghindari serangan. Kika memangsa, ia akan mengejar hingga dapat. Bahkan, di Britania (Inggris) Raya terdapat olahraga berburu rubah dengan kuda dan anjing," demikian cuitan Rizky.

Kemudian, yang kedua karakter landak. Hewan yang tubuhnya penuh duri itu, dikatakan Rizky, selalu fokus, memiliki satu tujuan, tenang, tapi sangat cakap membela diri dari ancaman manapun.

"Keduanya pemimpin yang hebat. Untuk menjadi seorang pemimpin besar harus memiliki sifat seperti fox dan hedgehog. Mampu menyerang dan bertahan dengan baik, berakal dan fokus kepada satu tujuan, lincah namun tenang. Semoga bermanfaat juga untuk teman-teman sekalian. Happy weekend," jelas dia.

Dalam pertemuan Menteri Pertahanan (Menhan) se-Asia Tenggara itu, Prabowo Subianto mengatakan, ASEAN harus menjadi penyeimbang (balancing) dan penghubung (bridging) di kawasan Indo-Pasifik melalui ASEAN Indo-Pasifik Outlook agar tidak ada dominasi kekuasaan di kawasan.

Menurutnya, Indo-Pasifik bukan semata-mata milik ASEAN, melainkan milik masyarakat dunia. ASEAN melalui netralitas dan sentralitasnya mengajak seluruh negara di kawasan Indo-Pasifik untuk ikut bertanggung jawab terhadap keamanan kawasan.

Prabowo Subianto juga menyinggung permasalahan Laut China Selatan yang mengemuka saat ini harus segera diselesaikan secara damai melalui forum dialog dan diplomasi dengan mendorong code of conduct yang telah disepakati ASEAN agar dapat diterima oleh China.

"Bagi Indonesia, ASEAN adalah wadah membangun kerja sama yang bermanfaat bagi perdamaian, stabilitas dan pembangunan di kawasan kita. Melalui pilar politik dan keamanan ASEAN, kita bisa memperkuat keamanan Asia Tenggara yang tentunya juga akan dapat meningkatkan kesejahteraan negara-negara di dalamnya," ungkap dia.

loading...
Muat Lainnya...