Kakinya Hilang Kena Ranjau, Kopral Mugiyanto Bangkit Kini Sukses Usaha

Kakinya Hilang Kena Ranjau, Kopral Mugiyanto Bangkit Kini Sukses Usaha

Rabu, 20 November 2019 | 07:02 WIB
Kaki Kopral Mugiyanto kena ranjau di Ambon.
Prajurit TNI AD, Kopral Mugiyanto
Photo :
  • www.tniad.mil.id

Prajurit TNI AD, Kopral Mugiyanto

VIVA – Seorang prajurit TNI AD, Kopral Mugiyanto kehilangan satu kaki kanannya akibat terkena ranjau saat tugas di Ambon pada 2000 hingga 2001. Meski sempat mengalami musibah dan putus asa ketika kakinya diamputasi, Kopral Mugiyanto anggota Koramil 19/Borobudur, Kodim 0705/Magelang, kini berhasil menjadi pengusaha lengkeng yang sukses bersama warga sekitar.

“Saat itu pukul 10.00 WIB, saya melaksanakan patroli dengan tim, tidak jauh, kurang lebih 200 meter dari pos penjagaan. Saat berjalan di sebuah lahan kosong, tiba-tiba ranjau tanam mengenai saya,’’ ujarnya dikutip dari laman Tniad.mil, Rabu 20 November 2019.

Setelah kejadian itu, Mugiyanto yang bertugas di tengah konflik Ambon bersama Satgas Yonif 408 itu, dibawa ke rumah sakit dan selama sepekan saya tidak sadar. Akhirnya dia dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Setelah bangun dari koma, Mugiyanto sempat tidak percaya apa yang telah menimpanya kepadanya, hingga pernah mengalami putus asa dan pernah terpikir olehnya untuk mengakhiri hidupnya.