Megawati Bilang Nyuwun Sewu ke Sri Mulyani, Ada Apa?
Selasa, 26 November 2019 | 00:56 WIB

Megawati Bilang Nyuwun Sewu ke Sri Mulyani, Ada Apa?

Megawati mengatakan saat pidato dalam anugerah BMKG.
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

VIVA – Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri mendapat anugerah sebagai Tokoh Pelopor Penguatan dan Modernisasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk Kemanusiaan dan Lingkungan dari BMKG pada Senin, 25 November 2019. Saat pidato, Mega mengucapkan nyuwun sewu kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang hadir pada acara tersebut.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu juga mengucapkan nyuwun atau minta beberapa kali kepada Sri Mulyani. Sementara istilah nyuwun sewu dalam bahasa Jawa merupakan sebuah ungkapan untuk meminta izin atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan permisi.  

Mulanya Mega menceritakan tentang kunjungannya ke BMKG China. Di sana, dia ditunjukkan teknologi canggih yang digunakan di negara itu untuk mendeteksi gempa. Begitu juga dengan penyebaran informasi soal gempa ke publik.

"Saya diminta hentakkan kaki kuat-kuat. Lalu alarm bunyi dan tiba-tiba semua alat di situ hidup. Ternyata kuatnya hentakan kaki saya itu 8,7. Jadi, inti untuk Ibu Sri. Saya nyuwun (minta) supaya bisa seperti RRT (China)," kata Megawati dalam pidatonya di Auditorium BMKG, Jakarta, Senin, 25 November 2019.