Megawati: Orang Bingung Kok Saya Sobatan Sama Prabowo
Selasa, 3 Desember 2019 | 18:02 WIB

Megawati: Orang Bingung Kok Saya Sobatan Sama Prabowo

Persahabatan Mega dan Prabowo merupakan sikap Pancasilais apa adanya.
Megawati, Prabowo dan Puan Maharani
Photo :
  • Instagram @puanmaharaniri

Megawati, Prabowo dan Puan Maharani

VIVA – Presiden kelima Megawati Soekarnoputri punya hubungan baik dan panjang dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Mereka pernah berpasangan sebagai calon presiden dan wakil presiden pada 2009.

Kala itu, Megawati dari PDI Perjuangan menggandeng Prabowo Subianto dari Partai Gerindra sebagai wakilnya. Mereka bersaing dengan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono dan Jusuf Kalla-Wiranto. Pilpres saat itu akhirnya dimenangkan oleh SBY-Boediono.

Setelah sempat berpasangan, Megawati memilih mengusung Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden pada Pilpres 2014 dan 2019 untuk bertarung dengan mantan pasangannya dalam pilpres 2009 lalu. Dalam Pilpres 2014, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla bertarung dengan Prabowo yang berpasangan dengan Hatta Rajasa. Kemudian pada 2019, Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin bertarung kembali dengan Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno.

Meski demikian, Megawati menyatakan bahwa dia dan Prabowo hingga kini adalah sahabat. Meski begitu, kata dia, ada orang yang bingung dengan dirinya karena bersahabat dengan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.