Megawati Kaget Ditanya Letkol TNI, Soekarno Pengkhianat atau Bukan?

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memiliki pengalaman tak mengenakan saat menjadi pembicara di Sesko ABRI. Hal itu berupa pertanyaan terkait ayahnya yang merupakan presiden pertama Indonesia.

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan pangkat letnan kolonel (Letkol). Saat itu, letkol tersebut menanyakan hal yang tidak pantas soal proklamator Republik Indonesia (RI) tersebut.

"Letkol nanya, menurut Ibu, Soekarno pengkhianat atau bukan? Luar biasa orang ini saya bilang karena pertanyaan menyimpang dari yang saya berikan," kata dia di Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati Tinggal Mencocokkan Waktu, Kata Sekjen Gerindra

Kala itu presiden kelima RI ini mengaku kaget. Namun Megawati memilih menjawabnya sebagai putri Soekarno, bukan sebagai ketua umum partai berlambang kepala banteng. Dia pun dengan tegas membantah bahwa ayahnya seorang pengkhianat negeri ini.

"Saya jawab sebagai putrinya Bung Karno. Ayah saya tidak mungkin proklamator pengkhianat," tandasnya.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

Setelah itu, dia bertanya balik kepada Letkol TNI tersebut. Megawati bertanya, apakah pertanyaan yang diajukan kepada dirinya merupakan hasil pembelajaran atau titipan. Hal itu membuat sang Letkol sadar dan menghampiri putri proklamator untuk minta maaf atas pertanyaannya.

Prabowo dan Megawati

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Salah satu keputusan politik yang ditunggu publik pasca putusan MK adalah sikap politik PDIP. Apakah akan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran, atau ikut bergabung

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024