Amien Sunaryadi, Eks Pimpinan KPK yang Jadi Komut PLN

Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi
Sumber :
  • Twitter Amien Sunaryadi

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Amien Sunaryadi menjadi Komisaris Utama PLN (Persero) pada Senin, 23 Desember 2019. Sementara mantan Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini ditunjuk jadi direktur utama perusahaan setrum pelat merah itu.

Agus Martowardojo Diangkat Jadi Komut PLN, Arcandra Tahar Komisaris Independen

Amien dan Zulkifli ditunjuk lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). Soal Amien, dia lahir di Malang, 23 Januari 1960 (54 tahun). Ia seorang alumnus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan College of Business Administration, Georgia State University, Atlanta.

Pada 1996, Amien bergabung menjadi anggota Ikatan Akuntan Indonesia. Memang, ia mengawali kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Sri Mulyani Lantik Amien Sunaryadi Jadi Ketua Komite Pengawas Perpajakan

Tahun 2003, ia terpilih bersama Taufiqurrahman Ruki sebagai Pimpinan KPK periode 2003-2007. Usai jadi Wakil Ketua KPK, ia menjabat sebagai Senior Governance and Anti-Corruption Officer di World Bank Indonesia. 

Pada Agustus 2012, Amien bergabung dengan Ernst & Young Indonesia di divisi Fraud Investigation & Dispute Services (FIDS) sebagai partner. Kemudian pada 21 November 2014, Amien resmi dilantik sebagai Kepala SKK Migas oleh Menteri ESDM saat itu, Sudirman Said.

Bertemu Pegiat Anti Korupsi, Sri Mulyani: Musibah Ini Jadi Momentum Membersihkan yang Kotor

Gebrakan di KPK

Selama bertugas di lembaga antirasuah, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan serta surveillance yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.

Selain itu, Amien juga menjadi pendobrak tradisi pemberantasan korupsi yang sebelumnya tidak menyentuh perbuatan suap-menyuap. Sehingga, sampai sekarang praktik korupsi high profile bisa diungkapkan oleh KPK seperti yang dipublikasi media massa.

Baca juga:

Erick Thohir Tunjuk Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN, Ini Tugasnya

Gaya Khofifah Indar Parawansa Patroli Naik Motor ke Gereja di Surabaya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya