Perjalanan Kereta Terlambat, Ini Perlintasan yang Banjir

Perjalanan KRL Terdampak Banjir.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah ruas jalan banjir pada Rabu, 1 Januari 2020. Memang, hujan turun sejak Selasa sore, 31 Desember 2019. Akibatnya, ada hambatan bagi perjalanan kereta api di sejumlah perlintasan.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

“PT KAI Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api di sejumlah lintas, terdampak cuaca buruk dan menyebabkan sejumlah prasarana jalur rel terimbas banjir,” kata Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di Jakarta.

Titik perlintasan kereta yang banjir

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Adapun sejumlah titik jalur lintas kereta api di area Daop 1 Jakarta terimbas banjir dengan ketinggian bervariasi sekitar 4-8 cm di atas rel kop rel. Berikut area jalur rel yang terendam banjir:

1. KM 9+700 lintas antara Rawa Buaya - Batu Ceper ketinggian air mencapai 8cm di atas Kop Rel. Kondisi tersebut berdampak pada perjalanan KA Bandara dan KRL Relasi Tangerang - Duri, hingga pukul 07.50 WIB lintas belum dapat dilalui kereta. Sejumlah perjalanan KRL dan KA Bandara dibatalkan.

Sempat Terendam Banjir, Polri Sebut Jalan Demak-Kudus Bisa Dilalui Pemudik

2. KM 28+7 lintas antara Bekasi - Tambun berdampak pada kelambatan kedatangan perjalanan kereta jarak jauh dan KRL yang harus mengurangi kecepatan saat melalui lokasi.

3. KM 2+7/8 terdapat genangan air antara Manggarai - Tanah Abang. Lintas tersebut masih dapat dilalui, namun kecepatan perjalanan kereta api dibatasi saat melintas di lokasi.

4. Jalur 5 dan 6 Stasiun Tanah Abang terdampak luapan air dari Kali Ciliwung dengan ketinggian air hingga 50 cm di atas Kop Rel. Perjalanan kereta dari Stasiun Tanah Abang menuju Serpong/Parung Panjang/Maja dan Rangkasbitung tidak dapat dilakukan.

5. KM 17+4 lintas antara Pondok Ranji - Kebayoran ketinggian air mencapai 20 cm di atas Kop Rel dan berdampak pada perjalanan KRL. Lintas belum dapat dilalui, sehingga perjalanan KRL dari Parung Panjang/Serpong/Maja/Rangkasbitung hanya dapat dioperasikan sampai Pondok Ranji. Perjalanan kereta dari arah Stasiun Tanah Abang belum dapat dilakukan.

Langkah KAI Daop 1 Jakarta

Eva mengatakan atas kondisi sejumlah prasarana yang terdampak banjir, maka PT KAI Daop 1 melakukan sejumlah langkah perubahan pola operasi hingga pembatalan perjalanan untuk keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

Menurut dia, untuk keberangkatan kereta api jarak jauh, baik dari Stasiun Pasar Senen maupun Gambir, tidak mengalami keterlambatan. Namun, para pengguna jasa kereta jarak jauh diimbau dapat mengatur keberangkatannya lebih awal menuju stasiun, agar tidak tertinggal kereta. Sebab, sejumlah ruas jalan juga terdampak banjir.

“Hingga kini, seluruh tim PT KAI Daop 1 Jakarta terus melakukan pemantauan kondisi di lintas untuk dapat memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api di sejumlah area jalur rel yang terdampak banjir,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya