Eks Staf Ahok Bicara soal Anies, dari Bursa Capres hingga Skill Orasi
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Kamis, 9 Januari 2020 | 05:34 WIB

Eks Staf Ahok Bicara soal Anies, dari Bursa Capres hingga Skill Orasi

Dia pernah menjadi loyalis Anies pada 2011.
Politikus PSI Rian Ernest
Photo :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

Politikus PSI Rian Ernest

VIVA – Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest mengakui hasil survei yang menunjukkan posisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ini masuk radar sebagai calon Presiden RI terkuat untuk Pemilu 2024.

Ernest menyampaikan hal itu dalam acara Deddy Corbuzier yang diunggah ke YouTube dengan judul ‘Antara Anies Baswedan, Ahok, Benci dan Banjir’ pada Rabu, 8 Januari 2020.

“Secara survei, saya perlu sampaikan kepada masyarakat Indonesia, khusus Pak Anies bahwa politik per hari ini adalah salah satu capres 2024 terkuat, top three paling tidak itu Pak Anies Baswedan,” kata Ernest.

Alasannya, kata dia, Anies banyak disukai dan sosok yang selalu bisa menukil hati masyarakat atau dapat meredam dan menurunkan tensi yang sedang tinggi atau panas. Sebab, menurutnya, orang di Jakarta cepat 'panas'.

”Dia sangat bisa ngademin orang, itu skill menurut gue top, tidak semua orang bisa. Nah, apakah itu mungkin wajah politik hari ini yang lebih penting melihat sosok dan pandai berkata-kata dibanding bekerja. Tapi itulah realita, politik saat ini,” ujarnya.

Jadi loyalis Anies

Ernest yang maju Pilkada Batam 2020 lewat jalur independen ini pernah menjadi loyalis Anies pada tahun 2011, yakni bergabung dengan program Indonesia Mengajar yang dicetuskan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

“Gue mulai tergoda lalu lihat YouTube pidato Anies Baswedan, merajut kebangsaan dan segala macam. Gue loyalis Anies sampai tahun 2014,” kata Ernest.

Saat pelatihan, Ernest pernah diajarkan oleh Anies sehingga curi-curi waktu untuk menyempatkan berbincang-bincang. Bahkan, pernah juga lewat komunikasi pesan singkat (SMS).

“(Dulu) Saya respect Pak Anies apa yang ditawarkan gagasan Indonesia pluralis, Islam yang sejuk, teduh, menjadi representasi seorang intelektual muslim moderat. Tapi, Pak Anies hari ini menghalalkan segala cara,” ujarnya.

Kenal Ahok dari Anies

Ernest mengaku kenal mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu dari Anies. Saat itu, Ernest pulang dari Indonesia Mengajar ke Jakarta. Kemudian, ia membantu kampanye Ahok sehari pada Pilkada DKI Jakarta 2012.

“Jadi jalan gue ketemu Pak Ahok pun dari Anies. Terima kasih Pak Anies, dan terima kasih kepada Pak Ahok karena memberi contoh bagaimana cara bekerja yang baik,” ucap mantan staf Ahok saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca juga:

Komisioner KPU Wahyu Setiawan Ditangkap KPK, Ini Profilnya

Selain Reynhard Sinaga, Ini 7 Predator Seks Tersadis di Dunia

Anies orator terbaik se-Indonesia

Ernest menyebut saat ini orator terbaik se-Indonesia adalah jelas Anies Baswedan, belum ada orang yang lain. Dalam politik, modal terbesar yakni kemampuan orasi.

“Lihatlah Bung Karno (Presiden Soekarno), kemampuan orasinya dapat menyatukan bangsa. Pak Anies punya skill yang sangat mahal dalam politik, yaitu orasi,” kata Ernest.

Tetapi, kata dia, untuk menjadi seorang administrator pejabat tentu harus memerlukan skill set yang lebih mumpuni dari yang sekarang ditawarkan. Sebab, harus transparan dan lain-lain.

loading...
Muat Lainnya...