Ditemukan 54 Informasi Hoax terkait Virus Corona
Senin, 3 Februari 2020 | 17:05 WIB

Ditemukan 54 Informasi Hoax terkait Virus Corona

Apa saja informasi hoax tersebut?
Menkominfo Johnny G Plate.
Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Menkominfo Johnny G Plate.

VIVA – Virus corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei, China telah mewabah ke sejumlah negara di dunia. Hingga kini ada 361 orang tewas dan lebih dari 17.000 kasus terinfeksi akibat virus mematikan itu. 

Wabah yang kian mengkhawatirkan tersebut membuat banyak orang takut. Bahkan, ada pihak-pihak tak bertanggung jawab menyebarkan berita bohong alias hoax terkait wabah virus corona. 

Dan berdasarkan penelusuran yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sejak 23 Januari hingga 3 Februari 2020, ditemukan ada 54 informasi hoax terkait virus corona. 

"Khusus terkait dengan framing corona virus melalui cyber drone Kominfo terdapat 54 percakapan atau isu hoax dan disinformasi," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate di Jakarta, Senin, 3 Februari 2020, dikutip dari VIVAnews

Lebih lanjut dia menjelaskan, ada berbagai bentuk informasi hoax ke masyarakat. Dia menyebutkan, di antaranya ada kurma yang mengandung virus corona sampai soal air wudu yang disebut bisa membunuh virus corona.