Waspadai WNI eks ISIS Masuk Indonesia dengan Menyusup, Blokir Semua
Jumat, 14 Februari 2020 | 10:29 WIB

Waspadai WNI eks ISIS Masuk Indonesia dengan Menyusup, Blokir Semua

Staf khusus presiden menyebut ada dua ancaman.
ISIS diambang keruntuhannya
Photo :
  • vstory

ISIS diambang keruntuhannya

VIVA – Pemerintah memutuskan tidak akan memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang diduga teroris, terutama mereka yang merupakan mantan anggota organisasi ISIS ke Tanah Air. 

Staf Khusus Presiden, Diaz Hendropriyono, menyatakan dua ancaman yang harus diwaspadai setelah pemerintah memutuskan menolak memulangkan ratusan WNI eks ISIS ke Tanah Air. Menurut dia, ada kemungkinan, jika mereka dideportasi dan kemudian menyusup masuk ke Indonesia.

"Ataupun (kedua) menyusup lewat jalur yang minim pengawasan. Kita harus waspada, dan harus menyiagakan aparat berwajib untuk melakukan kontrol penuh di seluruh pintu masuk negara. Blokir semua jalur masuk,” ujar Diaz kepada wartawan, Jumat 13 Februari 2020.

Diaz menyatakan apabila deportasi benar - benar ditempuh, pembicaraan mengenai setuju atau tidak setuju pemulangan WNI yang gabung dengan ISIS ini seharusnya sudah tidak perlu dilanjutkan lagi.

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu menyebutkan, sebaiknya yang harus dilakukan dalam waktu dekat adalah menyiapkan langkah selanjutnya.