Angin Kencang Hantam DIY, Puluhan Pohon Tumbang

Mobil di kawasan Kotabaru, Kota Yogyakarta rusak tertimpa pohon tumbang
Sumber :
  • Istimewa BPBD DIY

VIVA – Hujan dengan intensitas tinggi bersama angin kencang menerjang kawasan DIY, Jumat 14 Februari 2020. Puluhan pohon tumbang dan sejumlah bangunan rumah mengalami kerusakan.

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Selain itu adapula mobil yang rusak terkena pohon tumbang. Sejumlah fasilitas umum pun mengalami kerusakan karena pohon tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana menyebut hingga pukul 18.00 WIB di wilayah kota Yogyakarta ada 13 titik terdampak angin kencang. Kondisi menyebabkan enam pohon tumbang, empat rumah rusak, gedung pemerintahan, rumah sakit.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

"Satu mobil mengalami kerusakan tertimpa pohon. Satu sepeda motor juga rusak di wilayah Kota Yogyakarta," tutur Biwara dalam keterangan tertulisnya yang dilansir dari VIVAnews.

Untuk wilayah Kabupaten Sleman, Biwara merinci ada 27 titik terdampak kencang. Kondisi ini membuat terjadi sejumlah kerusakan. Diantaranya adalah 22 pohon tumbang. 2 tempat usaha rusak, 20 rumah rusak, 1 tempat ibadah, 1 reklame rusak.

Sepekan Terjadi 30 Bencana Besar di Jateng, Pj Gubernur: Percepat Penutupan Tanggul

"Di Sleman satu orang mengalami luka ringan terdampak hujan deras dan angin kencang," kata Biwara.

Di daerah Kabupaten Bantul, ada 23 titik terdampak angin kencang. Kondisi ini membuat 23 pohon tumbang, 2 rumah rusak, 1 fasilitas pendidikan rusak dan sebuah mobil mengalami kerusakan.

Biwara menambahkan hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan ada kenaikan debit air di beberapa sungai yang ada di DIY. Diantaranya Sungai Code dan Sungai Gajah Wong.

"Untuk debit air Sungai Code dan Sungai Gajah Wong mengalami peningkatan debit air tetapi masih dalam ambang normal," ujar Biwara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya