Gempa Guncang Lebak Banten, Rumah Warga Bergetar

Peta lokasi gempa Lebak Banten.
Sumber :
  • BMKG

VIVA – Gempa bumi baru saja mengguncang wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Senin 17 Februari 2020.

Aktivitas Erupsi Gunung Ile Lewotolok Masih Tinggi, Menurut Badan Geologi

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan, magnitude gempa 4,9. Lokasi gempa berada di titik koordinat 7.36 Lintang Selatan-106.03 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di lautan dengan jarak 91 kilometer barat daya Lebak. Pada kedalaman 10 kilometer. Gempa terjadi pukul 19:11:46 WIB.

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.    

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Cikotok, Cihara Panyauangan, Bayah, Malingping, Rangkasbitung, Ciptagelar, Cilograng, Pandeglang, Banjarsari dan Sukabumi dengan Skala Intensitas III MMI.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 19.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Gunung Ruang di Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, terpantau diselimuti awan kabut dari atas KM Bimasena yang digunakan oleh Tim Kantor SAR Manado mengevakuasi warga setempat, Rabu, 18 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi Tim SAR Susuri Pesisir Laut Kepulauan Sitaro Evakuasi Warga Tertinggal

Tim SAR menyusuri pesisir Kepulauan Sitaro untuk mencari dan mengevakuasi warga yang masih tertinggal, ke tempat yang lebih aman dari material erupsi Gunung Ruang.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024