8 Cara Kembangkan Bisnis Online di Instagram

8 Cara Kembangkan Bisnis Online di Instagram

Senin, 2 Maret 2020 | 09:00 WIB
Instagram jadi media sosial yang paling populer.
Ilustrasi Instagram.
Photo :

Ilustrasi Instagram.

VIVA – Sejak dikenalkan ke publik pada tahun 2012, awalnya Instagram hanya menjadi media sosial bagi mereka yang gemar fotografi dan memamerkan hasil karyanya ke dalam profil Instagram mereka. 8 tahun berlalu, Instagram sangat berkembang pesat menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan di Indonesia urutan ke 4 setelah Youtube, Whatsapp dan Facebook. 

Banyak sekali yang meraup keuntungan dari platform ini, mulai dari menjadi selebriti Instagram atau selebgram, toko online menjajakan barang dagangannya hingga campaign brand besar. Semua itu sudah menjadi hal yang biasa sekarang di Instagram. 

Uniknya, semua ekosistem di dalam Instagram sinkron menjadi satu, dan mereka saling membutuhkan. Toko online atau sebuah brand yang memasarkan produknya di Instagram membutuhkan selebgram yang mempunyai banyak followers untuk meningkatkan exposure tentang produk atau komunikasi yang diberikan, lalu target audience membutuhkan keduanya, toko online untuk memenuhi kebutuhan sekunder atau primer dan selebgram menjadi inspirasi atau sumber referensi untuk kebutuhan mereka.

Dikutip dari Tempo.co, hingga bulan November lalu tercatat ada 25 juta akun komunitas bisnis Instagram yang didominasi oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Lebih dari 80 persen akun Instagram telah mengikuti satu akun bisnis, dimana 200 juta pengguna di antaranya telah mengunjungi profil bisnis secara aktif setiap harinya. Menurut rilis komunitas Instagram, Instagram telah berkontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan bisnis-bisnis tersebut. "Dua pertiga kunjungan ke profil bisnis datang dari orang-orang yang tidak mengikuti bisnis tersebut."

Nah, buat para calon pebisnis online maupun offline yang ingin mengembangkan bisnisnya di era digital seperti sekarang, selain sudah mudah mencari modal bisnis melalui pinjaman uang online dari fintech, memasarkan barang atau jasa juga sudah dimudahkan dengan adanya Instagram sebagai platform untuk meningkatkan exposure sebuah brand.

Tanpa banyak basa-basi lagi, mari simak cara mengembangkan bisnis online melalui Instagram berikut.

Ketahui Segmen

Menurut statista.com, rata-rata pengguna Instagram di Indonesia adalah wanita. Oleh sebab itu, jika menjual produk untuk wanita termasuk kebutuhan anak serta bayi, maka Instagram adalah aplikasi yang cocok untuk digunakan. Namun, tidak juga menutup kemungkinan produk untuk pria juga bisa laku. Yang pasti, bila sudah mengetahui segmen, berarti semua komunikasi yang disuguhkan akan tepat sasaran dan akan menjadi lebih mudah untuk membuat konten yang menarik perhatian para calon konsumen tersebut.

Tonjolkan Brand Image

Bagaimana sebuah brand bisa membangun profil instagram agar dapat menarik perhatian? Bahasa apa yang akan digunakan? dan Bagaimana brand tersebut memanggil audiens-nya? Salah satu hal terpenting dalam mengembangkan bisnis melalui instagram adalah dengan menonjolkan brand image.

Menyelaraskan warna pada tiap feeds Instagram, baik warna produk maupun tone warna foto, mempunyai panggilan audiens seperti Kredivo memanggil audiens mereka, Kredipal adalah salah satu contoh cara menonjolkan brand image. 

Follow Calon Konsumen dari Pasar yang Sama

Berita Terkait :
Saksikan Juga