Segini Bujet yang Disiapkan Jika Ingin Lahirkan Secara Caesar

Segini Bujet yang Disiapkan Jika Ingin Lahirkan Secara Caesar

Senin, 2 Maret 2020 | 17:00 WIB
BPJS Kesehatan tidak menanggung persalinan caesar.
Ilustrasi Caesar.
Photo :

Ilustrasi Caesar.

VIVA – Tidak bisa dipungkiri kalau kelahiran sang buah hati adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang, apalagi kelahiran anak pertama. Proses kelahiran pun bisa menjadi perdebatan setiap pasangan, ada yang ingin melahirkan dengan cara normal, ada juga yang ingin melahirkan dengan cara caesar.

Bila ingin melakukan proses persalinan dengan cara normal, biasanya tidak banyak yang perlu diperhatikan karena proses yang mudah walaupun lebih menyakitkan, lalu biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Apalagi bila mempunyai asuransi, untuk persalinan normal biasanya semua biaya sudah ditanggung.

Beda halnya dengan proses kelahiran caesar, biaya persalinan caesar dikenal lebih mahal dibandingkan persalinan normal. Artinya, para orang tua harus mulai mempersiapkan biaya lebih sejak masa kehamilan. Apalagi BPJS Kesehatan tidak menanggung persalinan caesar. 

Sebelum menentukan ingin melakukan persalinan caesar, lebih baik mengetahui berapa besar biaya persalinan tersebut, Seberapa besarkah biayanya? Mari simak ulasan berikut.

Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kandungan adalah hal rutin yang harus dilakukan ketika masa hamil. Setidaknya sebulan sekali hingga 6 bulan menuju hari perkiraan lahir harus rutin untuk mengontrol kehamilan.

Biaya kontrol biasanya mencapai Rp300.000, belum ditambah vitamin dan obat penguat kandungan dengan harga Rp200.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya USG yang harganya mulai dari Rp200.000 untuk USG 3 dimensi. Setelah memasuki kehamilan di bulan ke-7, frekuensi pemeriksaan kandungan harus ditambah hingga 2 kali per bulan.

Sebagai contoh, Anda melakukan pemeriksaan rutin dengan vitamin dan obat penguat kandungan, tanpa USG. Berikut biaya total yang dikeluarkan untuk pemeriksaan selama 9 bulan kehamilan:

Kehamilan bulan 1-6 = Rp500.000 x 6 = Rp3.000.000

Kehamilan bulan 7-9 = Rp500.000 x 3 x 2 = Rp3.000.000

Total biaya pemeriksaan kehamilan: Rp6.000.000

Persalinan

Setelah mengandung selama 9 bulan lamanya, saatnya masuk dalam masa persalinan Seperti yang sama-sama kita ketahui, artikel ini hanya akan menghitung biaya persalinan dengan metode caesar. Biaya persalinan caesar akan dibedakan berdasarkan kelas kamar yang akan ditempati pada masa persalinan. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga