Peserta Ijtima Dunia di Gowa Meninggal Mendadak

Ilustrasi kematian.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Salah seorang peserta Ijtima Dunia Zona Asia 2020, Sukardi (65) dilaporkan meninggal dunia. Peserta asal Manokwari itu meninggal di lokasi kegiatan di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan pada Jumat, 20 Maret 2020.

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Kombespol dr Farid Amansyah mengatakan, kematian korban kuat dugaan akibat serangan jantung. Pasalnya korban diketahui memiliki riwayat penyakit jantung.

"Setelah saya melakukan wawancara dan pemeriksaan terhadap ketua tim kesehatan ijtima ini, dr Kahar mengatakan memang yang bersangkutan datang 18 Maret dari Manokwari dan memang di Manokwari itu beliau sudah mengidap penyakit jantung," kata dr Farid di Sulsel, 20 Maret 2020.

Selain itu, menurut dr Farid, korban sebelum meninggal dunia tidak memiliki gejala-gejala penyakit lain seperti demam atau pun batuk.

"Sebelum salat  Dhuhur, Beliau sempat terjatuh dan sebelumnya memang ada riwayat itu sakit jantung. Sehingga memang kalau tidak dilakukan autopsi, kita perkirakan meninggal karena jantung. Beliau sudah berumur 65 tahun sehingga kemungkinan memang meninggal karena itu (jantung)," tambahnya.

Sementara itu, Ketua rombongan jemaah asal Manokwari Papua, Muhammad Iqbal mengatakan bahwa korban sering mengeluh sakit pada bagian dada dan sebelum meninggal korban sempat terjatuh.

"Sekitar pukul 11.55 sebelum azan pertama  Jumat  itu tadi jatuh di tempat datar saja, dia atur tasnya berdiri langsung jatuh," kata Iqbal.

Di tempat yang sama, hal senada juga disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr Hasanuddin. Menurutnya kuat dugaan korban meninggal akibat penyakit jantung.

"Informasi yang kami terima korban memiliki riwayat hipertensi kemudian ada juga riwayat jantung dan 15 hari sebelum ke sini itu tidak ada perjalanan keluar negeri," kata Hasanuddin.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa bersama tim Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Kabupaten Gowa juga telah melakukan pengambilan sampel darah pria tersebut.

Profil Sopyan Dado Bintang Sinetron TOP yang Meninggal Dunia
Sofyan Dado

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung

Sopyan Dado meninggal dunia pada hari ini, Kamis, 28 Maret 2024. Sang aktor meninggal dunia di salah satu rumah sakit yang berada di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024