Bob Hasan 'Raja Hutan' Tajir Dekat dengan Soeharto

Bob Hasan saat meluncurkan buku 'Mengapa Saya Sehat'.
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVA – Bob Hasan atau terlahir dengan nama Mohammad Hasan, adalah pria keturunan Tionghoa yang lahir di Semarang pada 1931. Dia adalah pengusaha yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia pada Kabinet Pembangunan VII. 

JK Ungkap Sejarah Lahan Ratusan Ribu Hektare Prabowo yang Disinggung Anies

Pengusaha dan Ketua Umum PB Atletik Seluruh Indonesia itu meninggal dunia pada Selasa, 31 Maret 2020 sekitar pukul 11.00 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Kabar duka mengenai Bob Hasan yang telah tutup usia pada umur 89 tahun dikabarkan lewat pengurus PASI.

“Betul jam 11 di RSPD,“ kata Sekjen PASI Tigor Tanjung saat dihubungi VIVA, Selasa 31 Maret 2020.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

Bob Hasan sejak kecil diasuh sebagai anak oleh Jenderal Gatot Subroto. Namanya mencuat karena berbisnis dalam industri kayu. Bob Hasan masih menjabat sebagai Ketua PASI, dan sebagai Honorary Life Council Member International Associations of Athletic Federation. 

Bob Hasan adalah pendiri media Gatra. Ia pernah diberi penghargaan prestisius Kalpataru pada tahun 1997. Sebagai pria keturunan Tionghoa, kedekatan Bob Hasan dengan Presiden Soeharto tidak ada yang menandingi. Sejak kecil, Bob Hasan telah diasuh oleh Jenderal Gatot Subroto.

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

Kaya dari bisnis di industri kayu dan bertindak sebagai mitra bagi asing yang akan bisnis kayu di indonesia. Bob Hasan kemudian mendapat julukan sebagai 'Raja Hutan'. Dia kemudian juga mengembangkan bisnisnya pada bidang penerbangan komersial.

Pada 2001, nama Bob Hasan kembali menjadi perbincangan setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi penyalahgunaan kekuasaan. Dia dianggap menjadi otak pembakaran jutaan hektar lahan di pulau Sumatera.  Divonis bersalah, Bob Hasan kemudian di penjara di LP Cipinang, dan kemudian dipindahkan ke Nusa Kambangan. Setelah menjalani masa hukuman, Bob Hasan kemudian bebas bersyarat pada Februari 2004.
  
Belum lama ini, nama Bob Hasan kembali menjadi pembicaraan publik. Dia adalah sosok yang memberi dukungan penuh kepada Muhammad Zohri, atlet muda asal NTB yang meriah juara dunia U-20 dalam lari 100 meter di Finlandia. Seluruh biaya Zohri untuk mengikuti lomba lari dunia di Finlandia disokong penuh oleh Bob Hasan. Baca juga: Rencana Jokowi Terapkan Darurat Sipil Ditolak Parlemen

Perbahurui informasi Anda mengenai penanganan virus corona dalam tautan berikut ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya