Covid-19, Kementan Bersama Jasindo Percepat Pembayaran Klaim Asuransi

Lahan pertanian.
Sumber :

VIVA – Jelang satu bulan berlalu wabah Covid-19 yang telah menggemparkan jagad raya ini terutama di Indonesia sudah memporak porandakan sendi-sendi kehidupan masyarakat. Tak dipungkiri sektor ekonomi dan UMKM yang paling terpukul.

Tingkatkan Produksi Padi, Kementan Kebut Tanam Padi Gogo di Lahan Sawit Muara Enim

Bekerja dilakukan di rumah (Work From Home), hampir semua pelaku usaha kecil dan menengah mulai mengubah cara agar daganganya tetap dibeli konsumen. 

Banyak pengamat ekonomi dari berbagai kalangan menyebut bahwa situasi ini bisa saja berlangsung selama 3 sampai 6 bulan ke depan, yang tentunya akan berimplikasi terhadap sektor-sektor utama, termasuk sektor pertanian yang merupakan jantung kehidupan karena berkaitan dengan pangan pokok masyarakat.

Ingin Tata Kelola Sawit Membaik? Harus Saling Bersinergi

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo atau yang disapa SYL dalam beberapa kesempatan telah mengingatkan kepada jajarannya agar produksi pangan pokok utamanya padi harus tetap dijaga bahkan ditingkatkan selama masa pandemi covid-19 ini berlangsung.

Senada dengan hal tersebut, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Sarwo Edhy mengungkapkan bahwa untuk menjaga produksi pertanian pihaknya telah memberikan banyak bantuan alat mesin pertanian dan bagi petani padi yang terdampak gagal panen maka telah dilindungi dengan asuransi pertanian.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

“Untuk diketahui bersama bahwa, realisasi pelaksanaan asuransi pertanian tahun 2020, sampai dengan minggu pertama April ini untuk AUTP seluas 360.325,27 hektar dari total alokasi 1 juta hektar, dan realisasi Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) sebanyak 23.992 ekor dari target 120ribu ekor."

Apa yang disampaikan oleh Sarwo Edhy sangat berasalan mengingat Petani sebagai pelaku usaha juga tentu nya memiliki beban yang tidak ringan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Walaupun kebutuhan pokok tersedia boleh jadi sebagai bahan pendamping selain beras mereka harus berjuang keras untuk memenuhi itu semua, apalagi tatkala lahan usahatani-nya mengalami gagal panen sehingga tak ada yang bisa di jual. 

Pemerintah melalui peraturan UU No 19 Thn 2013 telah jelas mengamatkan adanya perlindungan usahatani dalam bentuk asuransi pertanian.

Komoditas yang sudah berjalan yakni program Asuransi Usahatani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) dimana alokasi yang telah disiapkan tahun 202 yaitu seluas 1 juta hektar dan 150ribu ekor untuk asuransi ternak sapi dan kerbau.

Sebagai pelaksana program tersebut, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Saran Pertanian Direktorat Pembiayaan Pertanian menggandeng  BUMN PT. Jasindo sebagai penanggung dari program tersebut yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Indah Megahwati, Direktur Pembiayaan Pertanian yang juga sebagai motor penggerak program menyatakan koordinasi akan terus dilakukan walau masih dalam pandemi covid-19.

“Di tengah wabah Covid-19 ini saya turut merasakan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh para petugas di pusat dan dilapangan, akan tetapi itu semua akan kami upayakan agar koordinasi tetap berjalan sebagaimana mesti nya tentu dengan pola komunikasi yang berbeda. Sebagai upaya peningkatan ekonomi petani yang terdampak Covid-19, saya mengupayakan agar pembayaran klaim asuransi pertanian untuk segera di bayarkan kepada petani, agar jangan sampai biaya produksi petani menggunakan dana yang lain sehingga memberatkan para petani, oleh karena itu Jasindo untuk segera membayarkan biaya klaim para petani," Indah saat dihubungi melalui jaringan seluler pada Selasa (14/04) waktu setempat.

Ditempat terpisah, Ika Dwinita Sofa selaku Group Head Asuransi Pertanian Mikro dan Program Pemerintah  Asuransi Jasindo menyatakan bahwa total pembayaran klaim asuransi saat ini sudah cukup tinggi diatas 10 Milyar.

“Total pembayaran klaim asuransi padi dan ternak sapi sampai awal April 2020 ini sudah mencapai 10,1 Milyar lebih, kami percepat pembayaran nya karena situasi Covid-19 ini sangat terasa sekali dampaknya, sehingga dana klaim ini sebagai modal awal kembali para petani untuk menanam padi dan membeli bibit ternak sapi” singgung Ika

Kementerian Pertanian berharap upaya sebagian kecil ini berdampak signifikan bagi para pelaku usaha tani di lapangan, dan situasi yang tak di inginkan ini kembali normal seperti sediakala.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya