Luhut Dikecam Soal Korban COVID-19, Aa Gym Kirim Peringatan

Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym.
Sumber :
  • IG Aa Gym

VIVA – Nama Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan kembali menjadi trending di Twitter pada Rabu, 15 April 2020. Hal ini berkenaan dengan ucapannya soal jumlah angka kematian akibat Virus Corona COVID-19.

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Luhut mengatakan, pemerintah akan mengambil langkah selanjutnya setelah mengevaluasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan akan diputuskan dengan berbagai pertimbangan, contoh data jumlah korban meninggal akibat corona.

“Buat saya juga jadi tanda tanya sih, kenapa jumlah meninggal sampai hari ini, maaf sekali lagi, itu kita angkanya enggak sampai 500 padahal penduduk kita ini kan 270 juta, infected 4.000-an lebih katakan kali sepuluh 50.000,” kata Luhut saat konferensi pers secara virtual, Selasa 14 April 2020.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Ucapan Luhut menuai kritikan dari para anggota DPR, salah satunya Politisi Gerindra, Fadli Zon. Ia menilai, ucapan Luhut sama sekali tidak pantas diucapkan ke publik. "Pernyataan itu sama sekali tidak pantas," ujar Fadli kepada wartawan, Rabu 15 April 2020.

Fadli menilai, korban meninggal akibat virus corona di Indonesia bukan hanya warga sipil, tetapi juga dokter. Ucapan Luhut dianggap tidak mencerminkan empati kepada para korban. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

"Tidak ada empati pada para korban baik itu dokter, paramedis, dan masyarakat umum yang telah wafat," ucap Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"Satu nyawa pun berharga dan tugas negara harus melindungi segenap rakyat dan bangsa Indonesia. Sebaiknya pernyataan itu dicabut dan LBP minta maaf," kata dia.

Selain itu, Luhut juga membandingkan jumlah korban meninggal di Indonesia dengan Amerika Serikat. Menurutnya, di Amerika Serikat korban meninggal lebih banyak meski perbandingan penduduk dengan Indonesia memang berbeda. 

“Lah Amerika yang bedanya lebih besar dari kita. Beda penduduk 60 jutaan itu yang meninggal 22.000, yang infected itu hampir 500 ribu. Oke lah kita mungkin kurang testing kit-nya tapi saya bilang tadi sudah dikali jadi 50.000,” ungkap Luhut.

Peringatan dari Aa Gym

Meski demikian, ada seruan penting yang disampaikan salah seorang ustadz kondang, Abdullah Gymnastiar atau yang dikenal dengan panggilan Aa Gym. Ia memperingatkan kepada pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam video yang diunggah Aa Gym, ia dengan lantang mengingatkan, jangan sampai zalim kepada para pejuang wabah COVID-19, begitu juga rakyat yang telah wafat.

Aa Gym meminta agar setiap kita harus lebih menghargai mereka yang wafat dalam perjuangan melawan COVID-19. Juga tak lupa didoakan agar virus ini cepat berlalu.

"Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saudaraku, ini adalah pita hitam, tanda keprihatinan, tanda simpati, dan keperihan atas perjuangan dan pengorbanan para medis, para dokter, perawat, dan terutama bagi yang wafat. 

Ini sesuatu yang sangat besar, kehilangan besar, mereka adalah para pejuang,  pahlawan yang berada di barisan paling depan yang berkorban untuk pencegahan tersebarnya COVID-19 ini. Sudah sepatutnya kita semuanya, pemerintah bersungguh-sungguh menyediakan perangkat agar petugas ini lebih aman, bisa bertugas dengan maksimal dan selamat. Kita harus tahu bagaimana beratnya perjuangan mereka. terkuras waktu pikiran, emosi.

Belum perlakukan dari sebagian masyarakat, ada jenazah perawat ditolak dimakamkan di dekat ayahnya. Ini adalah perbuatan yang zalim kepada para pejuang. Wahai seluruh rakyat Indonesia, kita hormati. Mari bersama-sama disiplin mencegah terjadinya penyebaran. Disiplin memakai masker, jaga jarak, jauhi kerumunan. Disiplin ibadah yang sungguh-sungguh agar virus ini cepat berlalu.

Mudah-mudahan Allah memuliakan para pejuang kita, di dunia sampai di akhirat. Semoga Allah segera mengambil wabah ini, dengan kedisiplinan kita bersama," kata Aa Gym di video tersebut.

Baca: Fadli Zon Desak Luhut Cabut Ucapan dan Minta Maaf Soal Korban COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya