Sumba Diguncang Gempa Terasa Hingga Lombok Timur

Petugas BMKG saat mengamati data pergerakan gempa.
Sumber :
  • TvOne/Irfan Beno

VIVA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menunjukkan bahwa tekah teejadi gempa bumi ini berkekuatan M=4,9 yang terjadi di wilayah Sumba, Kamis, 16 April 2020 pukul 07.37 WITA. 

Monster Laut Raksasa Setinggi 82 Kaki Ditemukan di Pantai Inggris, Bisa Jadi Reptil Laut Terbesar

Episenter terletak pada koordinat 8,32 LS dan 116,88 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 13 km Barat Laut Pulau Panjang, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km. 

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter? dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust).

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Menurut dia, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Sumbawa dan Lombok Timur II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya. 

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Hingga pukul 08.25 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan empat aktivitas gempa bumi susulan.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024