Diminati Petani, Realisasi AUTP di Sulteng Capai 20.959,65 Ha

Diminati Petani, Realisasi AUTP di Sulteng Capai 20.959,65 Ha

Sabtu, 25 April 2020 | 09:00 WIB
Ikut asuransi pertanian agar petani merasa aman untuk berproduksi.
Dirjem PSP Kementan Sarwo Edhy.
Photo :

Dirjem PSP Kementan Sarwo Edhy.

VIVA – Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) di Sulawesi Tengah makin diminati petani. Terbukti, realisasi peserta AUTP mencapai 20.959,65 hektare (ha) Tertinggi di Kabupaten Parigi Moutong yang mencapai 18.126, 25 ha.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebut, banyak pencapaian sejak penerapan asuransi pertanian. Dengan ikut asuransi pertanian ini agar petani merasa aman untuk berproduksi.

"Kita tidak ingin kalau kena bencana alam seperti banjir, kekeringan, bencana alam, atau sapi yang mati itu menyebabkan petani yang rugi," kata Mentan SYL.

Setelah bergabung dalam sebuah kelompok tani dan memahami manfaat jaminan kerugian yang didapat dari program asuransi pertanian, maka petani bisa segera mendaftarkan diri.

Namun, waktu pendaftaran biasanya paling lambat berlangsung 30 hari sebelum musim tanam dimulai.

"Untuk mendaftarkan diri, petani juga akan mendapat pendampingan khusus dari petugas UPTD Kecamatan serta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," pungkas Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy mengatakan, program AUTP ini hanya mewajibkan petani membayar Rp 36.000 per hektare dper musim tanam, sementara sisanya atau sebesar Rp 144.000 ditanggung oleh pemerintah.

Berita Terkait :
Saksikan Juga