Harga Bahan Pokok Naik, Gula Pasir Hingga Cabai Merah Keriting

Cara menyimpan gula pasir.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hari ke-2 puasa Ramadhan, harga beberapa bahan pokok rupanya masih tinggi. Terutama harga bawang merah, cabai merah keriting dan gula pasir. Sebagai gambaran, harga gula pasir di Pamulang, Tangerang Selatan, saat ini mencapai Rp18.500 hingga Rp19 ribu perkilo.

Tebar Kehangatan di Safari Ramadhan BUMN 2024, Bank Mandiri Gelar Pasar Murah 1000 Paket Sembako

Kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah. Bahkan kenaikan komoditi yang satu ini sempat sangat tinggi, pada puasa perdana di bulan ramadhan tahun ini (Jumat 24 April 2020). 

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga bawang merah di pasar tradisional menyentuh  Rp44.750/Kg, atau naik 12 persen dari posisi bulan lalu. 

Jokowi Klaim Harga Sembako Stabil di Mempawah

Baca juga: Mentan Pastikan Kebutuhan Beras Aman Meski Tengah Wabah Corona

Kenaikan juga terjadi pada komoditi cabai merah keriting. Dari data harga pangan.id, harga cabai merah keriting mengalami kenaikan 5,5 persen atau sekitar Rp1.650 untuk wilayah Jakarta. Saat ini harga cabai merah keriting menyentuh angka Rp31.650.

Warga Depok Jangan Panic Buying, Pemkot Jamin Persediaan Bahan Pokok Aman

Menanggapi lonjakan harga tersebut, Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya melakukan upaya penstabilan, terutama gula pasir putih. Termasuk dengan menggelontorkan 250 ribu ton gula pasir putih serta melakukan Operasi Pasar.
 

Mendag Zulkifli Hasan mengencek harga Sembako didampingi Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim

Mendag Zulhas Jamin Stok Bahan Pokok Cukup hingga Lebaran

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, menyebut semua ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) selama bulan suci Ramadan hingga Lebaran diklaim akan tercukupi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024