Bikin Sendiri, Ini Cara Buat dan Rawat Masker Berbahan Kain

Bikin Sendiri, Ini Cara Buat dan Rawat Masker Berbahan Kain

Rabu, 29 April 2020 | 17:00 WIB
Masker kain tetap bisa digunakan untuk bernafas dengan nyaman.
Ilustrasi masker buatan sendiri.
Photo :

Ilustrasi masker buatan sendiri.

VIVA – Semenjak pandemi Covid-19 atau corona masuk ke Indonesia, masker bedah atau masker untuk kebutuhan medis menjadi langka dan mahal.

Hal ini juga diakibatkan oleh banyaknya oknum yang menimbun stok masker agar harga jualnya menjadi tinggi.

Awalnya, pemakaian masker ini hanya diperuntukan oleh orang yang sakit, agar tidak menularkan berbagai macam virus ke orang lain.

Sekarang, siapa saja disarankan menggunakan masker terutama jika bepergian ke luar rumah karena adanya penularan virus corona dari mereka yang tidak bergejala.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia juga menghimbau untuk membeli atau membuat masker kain 3 lapis daripada tidak memakai masker sama sekali ketika keluar rumah.

Masker kain 3 lapis ini juga bisa Anda buat sendiri dengan mudah. Buat yang mau tahu cara pembuatan masker sendiri, mari simak ulasan berikut.  

Cara membuat masker sendiri

DIkutip dari Huffington Post, sebuah studi dari smartairfilters.com mengatakan bahwa bahan kaos katun dan sarung bantal adalah bahan terbaik untuk membuat masker wajah buatan, karena kedua kain ini mempunyai kemampuan untuk menangkap partikel, namun pemakai masker ini tetap bisa bernafas dengan nyaman.

Bahan 

? Kain, seperti katun, atau kain mikrofiber 

? Pita elastis atau dua ikatan rambut

? Gunting 

Berita Terkait :
Saksikan Juga