Pembelian Tiket Kereta Api Kembali Dibuka, Ini Rute dan Tarifnya
Senin, 11 Mei 2020 | 07:55 WIB

Pembelian Tiket Kereta Api Kembali Dibuka, Ini Rute dan Tarifnya

Penjualan kembali tiket kereta api atas seizin surat Satgas COVID-19.
Sorot Jalur Kereta Api Indonesia
Photo :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Sorot Jalur Kereta Api Indonesia

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero kembali membuka pembelian tiket perjalanan kereta api mulai hari ini, Senin, 11 Mei 2020. KAI  mengoperasikan perjalanan kereta api luar biasa (KLB) untuk berbagai rute mulai tanggal 12 sampai 31 Mei 2020.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, pengoperasian KLB ini menyesuaikan dengan terbitnya surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 6 Mei 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

“Terdapat 6 perjalanan Kereta Api Luar Biasa yang kami operasikan untuk masyarakat yang dikecualikan sesuai aturan pemerintah dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat,” ujar Joni dalam keterangan yang diterima VIVA, Senin, 11 Mei 2020.

Penumpang yang diperbolehkan untuk menggunakan KLB yaitu pekerja di pelayanan penanganan COVID-19, pertahanan dan keamanan, kesehatan, kebutuhan dasar, fungsi ekonomi penting, perjalanan darurat pasien atau orang yang memiliki keluarga inti sakit keras atau meninggal, serta repatriasi. Semua hal itu sesuai dengan surat edaran Gugus Tugas COVID-19.

Adapun KLB yang melayani perjalanan ada 3 rute yang pertama Gambir - Surabaya Pasarturi PP (Lintas Utara). Rangkaian kereta itu adalah 4 kereta eksekutif dan 4 kereta ekonomi dengan kapasitas yang dijual sebanyak 264 tempat duduk atau 50persen dari total tempat duduk tersedia.

Kereta ini akan menaikan dan menurunkan penumpang di stasiun Gambir, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasarturi. Tiket KLB Gambir - Surabaya Pasarturi PP (Lintas Utara) ini dijual dengan tarif jarak terjauh eksekutif Rp750.000 dan Ekonomi Rp400.000.