52 Klaster Corona di Jawa Timur, Pasar, Pabrik hingga Mal

Suasana Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Tim Rumpun Tracing Gugus Tugas (Gugas) COVID-19 Jawa Timur mencatat terdapat 52 klaster penularan virus Corona COVID-19 di Jatim sejak awal kasus Corona ditemukan pada pertengahan Maret 2020 lalu hingga kini. Penularan bermula dari di antaranya, lokasi pelatihan calon petugas haji di Asrama Haji Surabaya, pabrik rokok, hingga pasar modern atau mal di Surabaya. 

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Berdasarkan data yang ditunjukkan Gugas COVID-19 Jatim saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu malam, 10 Mei 2020, tiga klaster besar tercatat di Jatim yaitu Klaster TKHI (Asrama Haji Surabaya) sebanyak 167 kasus, Klaster Temboro (Pesantren Al-Fatah, Magetan) sebanyak 46 kasus, dan Klaster Sampoerna (pabrik Rungkut 2 PT HM Sampoerna) sebanyak 41 kasus. 

Di bawah itu, ada Klaster Surabaya XI (tanpa riwayat perjalanan) sebanyak 37 kasus, Klaster Jalan Gresik VII-PPI dan Tenaga Kesehatan-Wilayah Lain masing-masing 30 kasus, Klaster Riwayat dari Jakarta 28 kasus, Klaster Sidoarjo IV (tanpa riwayat perjalanan) sebanyak 22 kasus, Klaster Pulang Umrah 17 kasus, Klaster Nakes-dr Iskak 14 kasus, dan Klaster Riwayat dari Luar Negeri sebanyak 11 kasus. 

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Data yang baru terungkap ialah adanya klaster di lingkungan pasar modern atau mal di Surabaya, yaitu Klaster Surabaya V-TP sebanyak 9 kasus dan Klaster Surabaya IV-Pakuwon Mall sebanyak 4 kasus. Ada juga Klaster Pasar Keputran sebanyak 2 kasus dan Klaster Gowa sebanyak 7 kasus. Selain itu masih ada klaster lain yang memapar tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit. 

Ketua Rumpun Tracing Gugas COVID-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, mengatakan, sebetulnya tercatat 57 klaster di Jatim hingga Minggu ini. Namun yang baru terdata di tabel sebanyak 52 klaster. "Hari ini kita mencatat lagi ada sebanyak 57 klaster di Jawa Timur," ujarnya dalam konferensi pers di gedung Grahadi. 

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Di bagian lain, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima wartawan disebutkan bahwa terdapat 16 klaster penularan Corona di Kota Pahlawan. Sementara pemkot tak memasukkan kasus di lingkungan PT HM Sampoerna sebagai klaster penularan. "Seperti yang terjadi di PT HM Sampoerna itu bukanlah klaster baru,” kata Wali Kota Tri Rismaharini. 

Baca juga: Pembelian Tiket Kereta Api Kembali Dibuka, Ini Rute dan Tarifnya

Toko Kelontong

Genjot Kinerja 2024, SRC Bidik 4 Juta Pedagang Retail Tradisional yang Belum Dikelola dengan Baik

SRC mencatat telah memiliki jaringan lebih dari 250 ribu toko kelontong di seluruh Indonesia hingga awal tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024