Kampus-kampus Gelar Wisuda Secara Online Saat Pandemi COVID-19

Wisuda online Universitas Sebelas Maret
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Adanya situasi pandemi virus corona COVID-19 tidak membuat kegiatan wisuda di sejumlah universitas tertunda. Sebab, pihak kampus justru mengambil langkah untuk melakukan wisuda jarak jauh secara daring atau online.

Kampus yang gelar wisuda secara daring di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah. Kemudian Universitas Cenderawasih, Jayapura Papua. Kedua kampus ini menorehkan sejarah, karena baru pertama kali gelar wisuda secara online tahun 2020.

UNS menyelenggarakan wisuda online pada Sabtu, 2 Mei 2020 diikuti sebanyak 259 mahasiswa. Sedangkan, Universitas Cenderawasih melaksanakan wisuda online pada Kamis, 28 Mei 2020. Wisuda tersebut untuk program doktor, magister, sarjana dan diploma.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, sebenarnya pelaksanaan Wisuda Periode II dijadwalkan pada 25 April 2020. Tapi karena pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID-19, maka diputuskan perubahan jadwal dan tata upacara wisudanya.

"Tanpa mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda, tata upacara perhelatan wisuda UNS Periode ll harus dilaksanakan dengan telekonferensi atau via aplikasi Webex, dengan tetap memperhatikan Protokol kesehatan," kata Prof Jamal seperti dikutip dari situs uns.ac.id pada Rabu, 3 Juni 2020.

Dalam wisuda daring UNS, Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto, ikut memberikan orasi ilmiah. Dalam kesempatan tersebut, Hadi menganalogikan sebuah peperangan dan COVID-19 ini sebagai musuh. Untuk itu, bangsa Indonesia harus menggerakkan seluruh sumber daya manusia (SDM) di negeri ini harus bersatu untuk bersama- sama melawan COVID-19.

"Untuk itu, peningkatan kualitas SDM harus terus ditingkatkan. Istilahnya menuntut ilmu dari buaian sampai liang lahat," kata Hadi.

Adapun Ketua Senat Universitas Cenderawasih, Prof Balthazar Kambuaya mengatakan sebenarnya wisuda tahap pertama ini dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Namun, kata dia, harus ditunda karena menghadapi situasi pandemi COVID-19.

"Ini keputusan yang harus dibuat untuk kepentingan bersama, baik lembaga maupun para wisudawan/wisudawati, yaitu wisuda dilaksanakan secara online demi mengantisipasi situasi COVID-19 yang belum dipastikan kapan akan berakhir," katanya melalui Youtube Humas Universitas Cenderawasih.

Pemindahan tali toga dilakukan orang tua

Salah satu akun Twitter Timur Matahari @jayapuraupdate, sempat mengunggah foto-foto kegiatan wisuda Universitas Cenderawasih yang dilakukan secara online di rumah masing-masing. Berbagai momen diperlihatkan seperti dekorasi rumah, orang tua tetap berpenampilan rapi.

"Pertama kali dalam sejarah, Universitas Cenderawasih melaksanakan wisuda secara online. Protokol senat tetap seperti biasa tetapi wisudawan menyimak dari rumah masing-masing. Yang bikin haru itu adalah yang kasih pindah tali toga adalah orang tua masing-masing. Sang mahaguru sesungguhnya," tulisnya.

Mahasiswa Universitas Jambi Ciptakan Sabun Cuci Piring dari Kulit Nanas
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan metode penanggulangan dengue menggunakan nyamuk ber-Wolbachia mulai bergulir di lima kota besar di Pulau Jawa.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024