Pelajaran Penting Kasus George Floyd untuk Papua

Pelajaran Penting Kasus George Floyd untuk Papua

Kamis, 4 Juni 2020 | 11:22 WIB
Kematian George Floyd menjadi sorotan.
Papua, Indonesia
Photo :
  • U-Report

Papua, Indonesia

VIVA – Kematian George Floyd menjadi sorotan dan memantik kemarahan warga dunia. Protes muncul di mana-mana, dengan tuntutan agar aparat bersikap lebih adil dan tidak rasis terhadap orang sipil.

Protes juga muncul dari Indonesia. Meski tak ada demonstrasi di jalanan, mereka bersuara di media sosial. Di antara sekian banyak protes itu, ada yang mengaitkannya dengan situasi orang-orang Papua selama bertahun-tahun, mereka juga diperlakukan rasis dan direpresi aparat.

Anggota DPD RI Asal Papua Yorrys Raweyai turut menyoroti kejadian tersebut. Rasisme diakui masih menjadi persoalan akut di hampir negara-negara di dunia termasuk di Indonesia.

Bahkan, menurutnya seiring dengan kebijakan negara-negara modern untuk melawan rasisme, sejumlah peristiwa yang serupa sesungguhnya masih menjadi realitas yang terkadang disadari atau tidak.

Yorrys kembali mengingatkan kejadian pada tahun 2019, publik dihebohkan oleh demonstrasi besar-besaran diiringi kekerasan yang dipicu oleh perbuatan rasisme yang dialamatkan kepada sekelompok mahasiswa asal Papua dan Papua Barat yang sedang menimba ilmu di tanah jawa. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga