Pemerintah: Jatim dan Sulsel Penambahan COVID-19 Tertinggi Hari Ini

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Kasus konfirmasi positif COVID-19 di tanah air kembali meningkat hari ini. Berdasarkan laporan data Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Nasional COVID-19 mencatat ada sebanyak 1.241 kasus konfirmasi positif hari ini, Rabu 10 Juni 2020. 

Menteri PPPA: Pemkab Wajo Contoh Keberhasilan Tekan Angka Perkawinan Anak

Dari data tersebut diketahui akumuasi kasus positif di tanah air bingga hari ini tercatat sebanyak 34.316 kasus. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto merincikan dari penambahan 1.241 kasus positif hari ini diketahui 5 provinsi yang memiliki kasus konfirmasi terbanyak. 

Pertama adalah Provinsi Jawa Timur yang hari ini mencatatkan penambahan kasus sebanyak 273 kasus, sehingga total kasus positif di Jawa Timur mencapai 6.806 kasus. Meski demikian diketahui sebanyak 95 pasien dinyatakan sembuh. 

Viral Guru SD Pakai Cadar Ditangkap Karena Menyusup ke Jemaah Perempuan di Masjid Makassar

Kedua, provinsi dengan jumlah penambahan kasus konfirmasi positif tertinggi ada di Sulawesi Selatan sebanyak 189 kasus, sehingga total kasus konfirmasi positif di Sulawesi Selatan hingga hari ini ada sebanyak 2.383 kasus. Meski demikian dilaporkan hari ini ada sebanyak 53 pasien yang dinyatakan sembuh.

Ketiga adalah provinsi dengan jumlah penambahan kasus konfirmasi positif tertinggi ada di DKI Jakarta yakni sebanyak 157 kasus. Sehingga total kasus positif di DKI Jakarta hari ini sebanyak 8.503 kasus. Meski demikian, hari ini dilaporkan ada sebanyak 146 pasien di DKI Jakarta yang dinyatakan sembuh. 

Menang Telak, Prabowo-Gibran Unggul 1 Juta Suara dari AMIN di Sulsel

Keempat adalah provinsi dengan jumlah penambahan kasus konfirmasi positif tertinggi ada di Jawa Tengah yakni sebanyak 139 kasus. Sehingga total kasus positif di DKI Jakarta hari ini sebanyak 1.813 kasus. Meski demikian, hari ini dilaporkan ada sebanyak 118 pasien di Jawa Tengah yang dinyatakan sembuh. 

Kelima adalah provinsi dengan jumlah penambahan kasus konfirmasi positif tertinggi ada di Kalimantan Selatan yakni sebanyak 127 kasus. Sehingga total kasus positif di Kalimantan Selatan, hari ini sebanyak 1.565 kasus. Meski demikian, hari ini dilaporkan ada sebanyak 10 pasien di Kalimantan Selatan yang dinyatakan sembuh. 

Yuri juga menjelaskan hari ini ada 15 provinsi yang dilaporkan ada penambahan kasus di bawah 10 dan dilaporkan ada 6 provinsi hari ini yang tidak melaporkan adanya pertambahan jumlah kenaikan.

"Sebagai contoh, Sumatera Barat naik 14 kasus dengan kesembuhan 28. Beberapa provinsi seperti Gorontalo mencatatkan ada 6 kasus, dan 7 pasien dinyatakan sembuh. Ini kabar gembira untuk kita bahwa untuk daerah lainnya sudah mulai bisa kita kendalikan dengan baik sudah tentu ini peran serta masyarakat setempat," ungkap Yuri. 

Baca juga: Jokowi Minta Gugus Tugas COVID-19 Ingatkan Kepala Daerah Jangan Lengah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya