Kritikan Bintang Emon Lecut Semangat KPK Berantas Korupsi

Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra alias Bintang Emon.
Sumber :
  • Twitter: @injodotid

VIVA – Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) mendukung penuh Komika Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra alias Bintang Emon. WP KPK menganggap kritik yang dilontarkan Komika kelahiran 5 Mei 1996 itu memberikan semangat bagi pegawai KPK dalam memberantas korupsi.

"Yang dilakukan Bintang semakin menyemangati kami untuk lebih giat berjuang memberantas korupsi, karena ternyata banyak orang mendukung cita-cita menjadikan Indonesia bebas dari korupsi," kata Ketua WP KPK Yudi Purnomo dalam keterangan tertulisnya diterima VIVA, Selasa, 16 Juni 2020.

Yudi menilai, kritik yang disampaikan Bintang mewakili suara kaum muda yang miliki harapan Indonesia bebas dari korupsi. Meski demikian, Yudi mengakui memang selalu ada resiko bagi orang yang menyuarakan kebenaran.

"Namun Mas Bintang tentu saja tidak takut, apalagi dukungan masyarakat dan netizen juga mengalir kepada Bintang Emon karena mewakili suara mereka," kata Yudi.

Yudi berharap tindakan pemenang Stand Up Comedy Academy 3 itu dapat menginspirasi masyarakat untuk mendukung kerja-kerja pemberantasan korupsi.

"Koruptor harus segera ditangkapi karena mereka merusak ekonomi kita, lingkungan alam kita, mengambil uang negara, dan yang terpenting mereka memperkaya diri mereka dan membuat rakyat semakin miskin," ucap Yudi.

Untuk diketahui, lewat sebuah video di akun instagram pribadinya, Bintang mengkritik tuntutan hukuman satu tahun penjara bagi penyerang penyidik senior KPK Novel Baswedan.

Melalui video berdurasi satu menit 42 detik itu, Bintang menyampaikan sejumlah kejanggalan dalam tuntutan itu. Bintang menggunakan logika berpikir sederhana yang membuat masyarakat mudah memahami.

Menurut Bintang, ini penyerangan tersebut bukanlah pelajaran untuk Novel melainkan sudah masuk kasus kekerasan. Apalagi peristiwa penyiraman air keras terjadi pada seusai salat subuh.

Omongan Lawas Novel Baswedan soal Karma Firli Bahuri: Tak Usah Dibalas, Nanti Jatuh Sendiri

Menurut Bintang, tidak masul akal jika para terdakwa beralasan tidak sengaja melakukannya.

Tak lama setelah itu, sejumlah akun Twitter memfitnah Bintang menggunakan narkoba. Ia telah menjalani tes urin dan hasilnya negatif.

Baca juga: #MakzulkanJKWBubarkanPDIP Trending, RUU HIP Dituding Ide Megawati

Firli Bahuri Kirim Surat ke Jokowi Nyatakan Mundur Jadi Ketua KPK, Novel: Modus Lama!
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024