Posting Guyonan Ala Gus Dur Berujung Diperiksa Polisi

Lukisan Gus Dur dari Getah Pisang
Sumber :
  • SP/Achmad Hairuddin

VIVA – Malang nian nasib seorang warga asal Kepulauan Sula. Pria bernama Ismail Ahmad harus rela diperiksa polisi karena mengungggah humor khas KH Abdurrahman Wahid atau kerap disapa Gus Dur yang diungggah pada Jumat 12 Juni 2020. 

Ditangkap Polisi, Begini Penampakan Pria Mengaku Nabi di Tebing Tinggi

Ismail sendiri dipanggil pihak Polres Kabupaten Sula pada Rabu 17 Juni 2020 untuk memberikan keterangan klarifikasi atas unggahannya di akun media sosialnya tersebut. Terakhir, Ismail pun harus meminta maaf stelah sadar unggahannya dianggap menimbulkan masalah.

Diketahui bahwa Ismail mengunggah guyonan yang sempat dipopulerkan Gus Dur di akun facebooknya. Yang menjadi masalah, guyonan Ismail tersebut memang tentang polisi.

Dulu Berstatus DPO dan Buron Kasus Tanah, Charlie Chandra kini Berhasil Ditangkap

"Hanya ada tiga polisi jujur di Indonesia: patung polisi, polisi tidur dan Jenderal Hoegeng," tulis Ismail lewat postingannya.

Selama ini Gus Dur memang dikenal kerap menggunakan guyonan untuk menyindir. Dan tulisan Ismail tersebut memang dulu dilontarkan almarhum Gus Dur untuk menyindir oknum kepolisian yang dianggapnya korup dan tak pro rakyat.

Pesulap Merah Kirim Karangan Bunga ke Gus Samsudin yang Ditahan Gegara Konten Sesat

Akibat postingannya tersebut, Ismail tampaknya akan dijerat dengan pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak Rp 750 juta.

Evakuasi Jasad Polisi Tewas di Lampung Tengah

Jasad Polisi Ditemukan di Kamar Penginapan, Polda Lampung Amankan Pelakunya

Polda Lampung mengungkap pelaku dibalik penemuan anggota polisi yang tewas di sebuah penginapan daerah Lampung Tengah. Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah Astuti

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024