Cek Fakta: Video Viral, Orang Amerika Teriak ‘Vote Jokowi’ Saat Demo

Hoax, Video “orang Amerika teriak ‘Vote Jokowi’ di saat protes”
Sumber :
  • Turnbackhoax

VIVA – Sebuah akun Facebook bernama Bayu Rotinsulu (fb.com/100032093442259) mengunggah video dengan narasi sebagai berikut:

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

"Sungguh bangga jadi rakyat pak Jokowi sekaligus cebongers, bahkan orang Amerika teriak "Vote Jokowi" di saat protes.. VOTE JOKOWI!! VOTE JOKOWI!! VOTE JOKOWI!!"

Postingan tersebut sempat viral dan sudah dibagikan sebanyak 722 kali. 

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id, klaim bahwa orang Amerika teriak "Vote Jokowi" saat aksi unjuk rasa protes atas kematian George Floyd di Amerika Serikat adalah klaim yang salah.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Diketahui, demonstran itu bukan teriak "Vote Jokowi". Kata-kata yang dinyanyikan di video itu adalah "No Justice, No Peace" dan "Fuck The Police".

Peristiwa di video itu adalah aksi unjuk rasa protes atas kematian George Floyd di Atlanta, ibu kota negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Video yang identik dengan video yang diunggah sumber klaim, diunggah oleh akun Instagram @thatboyfunny pada tanggal 3 Juni 2020 dengan narasi "NO JUSTICE NO PEACE ! Trying to make a change :us” @fatsdabarber"

Akun @thatboyfunny juga mengunggah foto saaat sedang mengikuti aksi unjuk rasa tersebut pada tanggal 3 Juni 2020 dengan narasi: "No JUSTICE No PEACE !!Ev ! :us: Everyone deserves to live peacefully but why we have to live differently #justice #blacklivesmatter #alllivesmatterfunny"

Sementara, musik yang mengiringi yel-yel tersebut adalah lagu berjudul “Beam Ahhh” yang dari DJ Chipman.

Baca juga: Hoax: CIA Bongkar Identitas Kewarganegaraan China Presiden Jokowi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya