Siswa Kecewa, PPDB Jalur Zonasi Masih Pakai Syarat Usia
Jumat, 26 Juni 2020 | 10:24 WIB

Siswa Kecewa, PPDB Jalur Zonasi Masih Pakai Syarat Usia

Dinas Pendidikan DKI telah membuka PPDB jalur zonasi.
 Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).
Photo :
  • Twitter: PPDBDKI

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

VIVA – Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta telah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 untuk jalur zonasi. Pembukaan PPDB ini meliputi jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Untuk jalur zonasi sendiri tetap akan dilakukan seleksi bila daya tampung yang ada tidak mencukupi dari jumlah siswa yang mendaftar. Hal itu sesuai dengan keputusan kepala dinas pendidikan provinsi daerah khusus Ibu Kota Jakarta nomor 510 tahun 2020 tentang petunjuk teknis penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021, pembukaan PPDB jalur zonasi tetap dilaksanakan. 

Seleksi yang dilakukan berdasarkan usia tertua ke usia termuda. Artinya, syarat usia dalam jalur zonasi PPDB ini tetap berjalan. Hal ini cukup menuai perdebatan sebab banyak siswa yang memiliki nilai tinggi justru tidak mendapatkan sekolah negeri. 

Meski bisa kembali mendaftar selama waktu seleksi belum habis tetapi banyak siswa yang kecewa. Sebab dengan seleksi usia ini justru mereka tidak bisa mendapatkan sekolah negeri yang dekat dengan tempat tinggalnya sama sekali karena usia yang terbilang muda. 

Para siswa dan siswi pun mengungkapkan rasa kecewa mereka pada akun twitter @PPDBDKI1, banyak yang mengakui sudah pasrah jika dirinya harus menempuh pendidikan di sekolah swasta.