Lima Kereta Api Jarak Jauh Kembali Beroperasi Besok, Cek Jadwalnya

PT Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan pihaknya kembali menjalankan dua kereta jarak jauh mulai Jumat, 3 Juli 2020 yakni KA Turangga relasi Stasiun Gambir-Bandung-Surabaya Gubeng dan KA Kertajaya relasi Stasiun Pasar Senen-Surabaya Pasarturi.

"Perjalanan KA Turangga dan KA Kertajaya hanya beroperasi setiap akhir pekan, yaitu pada tanggal 3, 4, 5, 10, 11,12, 17,18, 19, 24, 25, 26, 30 dan 31 Juli 2020," kata Eva pada Kamis, 2 Juli 2020.

Dengan beroperasinya KA Turangga, kata dia, maka Stasiun Gambir kembali dibuka untuk pelayanan penumpang kereta jarak jauh. Menurut dia, pengoperasian kembali kereta reguler ini tentunya akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang diterapkan pada masa adaptasi kebiasaan baru.

"Pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia pada kereta. Tujuannya, untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan. Untuk melakukan perjalanan kereta jarak jauh, calon penumpang harus melengkapi beberapa syarat yang tertuang dalam Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2020," ujarnya.

Adapun berkas persyaratan tersebut harus ditunjukkan kepada petugas saat melakukan boarding, jika membeli tiket melalui sistem online seperti KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya. Namun, jika membeli tiket melalui loket go show (3 jam sebelum keberangkatan KA) di Stasiun Pasar Senen dan Gambir, maka berkas persyaratan akan melalui proses pengecekan di awal oleh petugas loket sebelum transaksi tiket dilakukan.

Berikut jadwal keberangkatan kereta jarak jauh yang beroperasi di area Daop 1 Jakarta mulai Jumat 3 Juli 2020:

1. KA Turangga (Gambir - Bandung- Surabaya Gubeng). Keberangkatan pukul 14.00 WIB.

2. KA Kertajaya (Pasarsenen- Cirebon Prujakan- Surabaya Pasarturi), keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 14.10 WIB dan Bekasi pukul 14.40 WIB.

3. KA Bengawan (Pasarsenen-Cirebon Prujakan-Purwosari). Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.30 WIB dan Bekasi 06.54 WIB.

4. KA Tegal Ekspress (Pasarsenen-Cirebon Prujakan-Tegal). Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 07.40 WIB, Bekasi 08.05 dan Cikampek pukul 08.56 WIB

5. KA 322 Serayu (Pasarsenen-Kiaracondong-Purwokerto). Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 09.15 WIB, Bekasi pukul 09.47 WIB, Karawang pukul 10.21 WIB, Cikampek pukul 10.42 WIB.

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

Baca juga: Daftar Menteri yang Dianggap Layak Diganti Versi Pengamat

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus di OKU Timur Sumsel

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI), mengimbau masyarakat meningkatkan disiplin berlalu lintas, menyusul insiden kecelakaan lalu lintas antara KA Rajabasa dengan bus.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024