Ratusan Massa di Jambi Desak Jokowi Cabut RUU HIP

Ratusan Massa di Jambi Desak Jokowi Cabut RUU HIP

Jumat, 3 Juli 2020 | 18:22 WIB
Mereka juga meminta BPIP dan partai pengusul RUU HIP dibubarkan saja.
Suasana demo tolak RUU HIP di depan gedung DPRD Jambi
Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution (Jambi)

Suasana demo tolak RUU HIP di depan gedung DPRD Jambi

VIVA – Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang belakangan ini dibahas di DPR RI ikut menimbulkan gejolak di berbagai provinsi di Indonesia. Salah satunya di Provinsi Jambi yang kini muncul gerakan penolakan terhadap RUU itu.

Puluhan ormas yang mengatasnamakan "Koalisi Anak Negeri Anti Komunis" bergabung dalam unjuk rasa di depan gedung DPRD Jambi pada Jumat siang, 3 Juli 2020. Mereka mendesak Presiden Joko Widodo mencabut secepatnya RUU HIP itu. Ideologi Pancasila ditegaskan mereka sudah sah dan tidak bisa diganggu-gugat lagi.

Unjuk rasa itu diikuti oleh mahasiswa dan berbagai organisasi masyarakat serta organisasi agama. secara bergantian, mereka memberikan hak suara agar pihak DPRD Jambi menyampaikan ke DPR RI supaya tidak usah memikirkan Ideologi. Pihak DPR didesak untuk lebih berpikir mencari solusi menyelesaikan covid-19.

Baca juga: Muncul Usul RUU HIP Diganti Jadi RUU PIP, PKS: Lebih Baik Batalkan

Ketua pemuda Pancasila Jambi, Adri tampak ikut berorasi di depan gedung itu. Dia menegaskan, agar pihak DPRD Jambi menyampaikan ke DPR RI agar HIP segera dicabut tanpa syarat dan tidak usah menunda-nunda.

"Tolong disampaikan dan saat ini masa pandemi fokus saja menyelesaikan covid-19 dan tidak usah bicara masalah ideologi," ujarnya.