Prakiraan Cuaca 4 Juli: Sejumlah Wilayah di Indonesia Diterpa Hujan

Ilustrasi hujan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan perkiraan cuaca Sabtu, 4 Juli 2020. Sejumlah daerah di Indonesia masih akan turun hujan dari ringan hingga lebat. 

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

Melalui website BMKG wilayah DKI Jakarta diperkirakan akan cerah dan berawan pada pagi dan siang hari. Namun, pada malam harinya diperkirakan akan turun hujan di wilayah Jakarta Barat. 

Sementara pada twitter @infoBMKG ada beberapa wilayah yang diperkirakan akan diterjang hujan lebat yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Pupua Barat, dan Papua. 

BMKG Temukan Ratusan Titik Panas di Kaltim, Jumlahnya Meningkat dari Sehari Sebelumnya

Sedangkan untuk Aceh, Riau, Jambi, dan Lampung diperkirakan akan turun hujan yang disertai kilat dan angin kencang. 

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

BMKG juga merilis perkiraan curah hujan selama 24 jam berdasarkan wilayah:

Sumatera: Secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun sebagian Riau, Jambi bagian barat, Bengkulu, Sumatera Selatan dan Lampung berpotensi hujan sedang. 

Jawa: Secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. 

Kalimantan: Secara umum berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun sebagian Kalimantan Barat bagian tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian barat dan Kalimantan Tengah berpotensi hujan sedang hingga lebat. 

Sulawesi: Secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang, namun sebagian Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan berpotensi hujan sedang hingga Iebat. 

Bali, NTB, NTT: Secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan, namun NTT bagian timur berpotensi hujan sedang.

Maluku dan Papua: Secara umum berpotensi hujan ringan hingga sedang, namun sebagian Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua berpotensi hujan sedang hingga Iebat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya