Wisuda di Zaman COVID-19, Mahasiswa UKSW Gunakan Inovasi Robot

Wisuda pakai robot di Univrsitas Kristen Satya Wacana Kota Salatiga
Sumber :
  • tvOneNews.com

VIVA – Di tengah kondisi penerapan normal baru, dunia akademik Tanah Air terus dituntut untuk selalu berinovasi dalam memberikan kemudahan dalam situasi seperti ini. Aktivitas sosial pun kini dapat disiasati dengan inovasi-inovasi secara virtual. Inovasi ini bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Lalu seperti apa inovasi yang coba diciptakan dalam kegiatan akademik kali ini?

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Penerapan inovasi terbaru dilakukan oleh Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga, Jawa Tengah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Di tahun ini, UKSW melakukan perubahan dalam prosesi wisuda mahasiswa yaitu dengan menghadirkan robot sebagai pengganti bentuk fisik mahasiswa.

Robot yang diberi nama Gradbot ini dihadirkan dengan wajah mahasiswa yang wisuda melalui layar yang ditempelkan pada wajah robot, seperti yang dirilis program Kabar Petang tvOne, Sabtu 4 Juli 2020.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Baca juga: Menkes New Zealand Mundur Akui Blunder Soal COVID-19, Menkes RI?

Metode ini dimaksudkan agar rektor tetap dapat mengetahui mahasiswa yang diwisuda tersebut. Meski demikian, rektor juga tetap melakukan prosesi penyerahan ijazah serta pemindahan tali kuncir terhadap mahasiswa yang diwisuda. Prosesi wisuda menggunakan robot ini bisa disaksikan langsung oleh mahasiswa dan keluarga melalui saluran media video streaming yang dilakukan secara online.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Baca juga: Nekat, Pria Ini Lancarkan Aksi Menjambret di Kantor Polisi

Sedangkan untuk upacara wisuda dihadiri oleh pimpinan Universitas ketua senat universitas serta sebuah robot karya tim robotic center R2C Fakultas Teknik Elektronika dan Komputer (FTEK) UKSW. "Ide awalnya memodifikasi robot-robot itu menjadi sebuah robot yang berpenampilan wisudawan/wisudawati UKSW. Pelaksanaan wisuda secara online tersebut pun melibatkan robot yang dinamakan Gradbot atau Graduate Robot," ungkap Rektor UKSW Salatiga, Neil Samuel Rupidara.

Wisuda ini merupakan wisuda periode 1 tahun akademik 2020/2021 UKSW dan meluluskan 686 mahasiswa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya