Menko PMK: 50 Persen Kasus Corona Selesai Jika Jatim Tertangani
Senin, 6 Juli 2020 | 01:00 WIB

Menko PMK: 50 Persen Kasus Corona Selesai Jika Jatim Tertangani

Pemerintah akan berupaya menurunkan kasus corona di Jatim
 Muhadjir Effendy, Menko PMK
Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Muhadjir Effendy, Menko PMK

VIVA – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah pusat bersungguh-sungguh untuk menurunkan kasus Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 di Jawa Timur. Muhadjir menyebut, jika corona di Jatim tertangani, maka 50 persen kasus corona nasional selesai.

"Kalau Jatim tertangani dengan baik, kira-kira 50 persen urusan Covid-19 (nasional) bisa teratasi," kata Muhadjir usai rapat koordinasi secara virtual bersama 50 rektor se-Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Minggu, 5 Juli 2020. Pada kesempatan itu, ia hadir bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo. 

Baca juga: Jawa Timur Masih Jadi Penyumbang Kasus Positif COVID-19 Terbanyak

Pemerintah pusat menyokong penuh upaya Pemerintah Provinsi Jatim menekan angka kasus corona yang hingga kini tak kunjung turun. Di antaranya menyalurkan bantuan sekira dua ratus ribu tablet obat antivirus Avigan, ratusan ribu lembar masker, ratusan ribu alat pelindung diri, dan lainnya. Fasilitas untuk pelayanan kesehatan juga disokong.