Xanana Sebut Habibie Inspirator Rakyat Timor Leste

Eks Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao
Sumber :
  • VIVAnews/Yudha Prasetya

VIVA – Mantan presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menyatakan bahwa kedatangannya ke rumah mendiang Presiden RI ke-3 BJ Habibie sebagai perwakilan dari pemerintah dan seluruh rakyat Timor Leste.

Dokumen Terbaru: Australia Menyadap Politisi Timor Leste Tahun 2000

Xanana mengaku membawa pesan untuk keluarga almarhum BJ Habibie, guna mengekspresikan dan menyampaikan perasaan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya bagi keluarga almarhum.

"Bahwa rakyat Timor Leste melihat Pak Habibie sebagai seorang inspirator," kata Xanana di rumah duka BJ Habibie, kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu 14 September 2019.

Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Xanana menganggap Habibie merupakan pribadi yang bisa menjadi contoh, di mana nilai-nilai kemanusiaan yang universal harus tetap dimiliki meskipun seseorang telah berhasil melakukan pencapaian di bidang teknologi dan sains.

"Karena kita semua tahu bahwa dalam bidang teknologi, beliau itu tetap menjadi contoh di mana walaupun kita bisa pintar dengan teknologi dan sains, kita harus juga memegang nilai dan prinsip universal," ujarnya.

Pelatih Timor Leste: Timnas Indonesia Menakjubkan

Dia juga menegaskan, pemerintah dan rakyat Timor Leste sangat mengapresiasi peranan Habibie, yang dianggap sangat berjasa membuka kesempatan bagi Timor Leste untuk menentukan nasibnya sendiri hingga menjadi negara merdeka.

"Pak Habibie dalam waktu yang singkat dan sulit untuk mengambil keputusan, memberikan hak menentukan nasib sendiri," kata Xanana.

"Oleh karena itu, kami tidak akan melupakan beliau, dan karena itu juga saya ke sini sebagai wakil dari pemerintah dan rakyat Timor Leste," ujarnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya