Kehadiran BG dalam Pertemuan Jokowi-Tokoh Papua Jadi Sorotan

Kehadiran BG dalam Pertemuan Jokowi-Tokoh Papua Jadi Sorotan

Selasa, 17 September 2019 | 22:47 WIB
BG turut hadir dalam pertemuan tersebut.
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan
Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan

VIVAnews - Pengamat politik Ireng Maulana menyoroti Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan, dan jajarannya yang berhasil mempertemukan 61 tokoh Papua dengan presiden beberapa waktu lalu. BG pun turut hadir dalam pertemuan tersebut.

"Kita yakini daftar permintaan ini muncul sudah terlebih dahulu melalui perhitungan risiko dan skala ancaman yang berasal dari dari analisis intelijen," ujar pria lulusan Master of Art in Political Science dari Lowa State University, Iowa (IA), Amerika Serikat ini, melalui keterangan tertulis, Selasa, 17 September 2019.

Ireng menyebut, intelijen sebagai proses yang berbeda karena kehadiran BG dalam pertemuan tersebut dimana biasanya pemerintah dapat memposisikan pejabat lain untuk mendampingi presiden.

"Kehadiran langsung Kepala BIN dalam pertemuan ini dapat pula diartikan sebagai bantahan kecemasan banyak pihak bahwa pendekatan penyelesaian kerusuhan yang terindikasi ditunggangi kelompok pemberontak ingin diselesaikan melalui jalan konsolidasi," ujar Ireng lagi.

Ditegaskan Ireng, kehadiran BG bukan hanya sebagai jembatan penghubung melainkan mengkonfirmasi beberapa hal antara lain, pertama keputusan presiden sebagai respons dari permintaan 61 tokoh papua adalah keputusan yang didasari dari produk analisa intelijen yang memberikan wawasan memadai dalam pengambilan keputusan.

Berita Terkait :
Saksikan Juga